Loading...
Melihat pentingnya keberadaan Istana Maimoon sebagai cagar budaya, Nippon Paint Indonesia bersama Bank Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Warnai Kehidupan #ColouringLives, tergerak untuk melakukan revitalisasi dengan melakukan pengecatan ulang pada Istana Maimoon yang memiliki luas bangunan sebesar 772 m2 dengan menyumbangkan 1.562 liter cat beserta alat pengecatannya

 

Medan, 8 Agustus 2024 – Meski telah berusia ratusan tahun, Istana Maimoon tetap berdiri kokoh dan megah. Dengan sentuhan dominasi warna kuning keemasaan khas Melayu yang memancarkan kejayaan Kesultanan Deli dari masa Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Bahkan, bangunan bersejarah rancangan arsitek berkebangsaan Belanda, Theodore van Erp, Kapten Koninklijk Nederlands - Indische Leger (KNIL), kini kian elok setelah dilakukan program revitalisasi sejak Juni 2024.

Seperti diungkapkan oleh T. Reizan Ivansyah selaku Ketua Umum Yayasan Sultan Ma’moen Al-Rasyid, pengelola Istana Maimoon, “Istana yang mulai dibangun sejak tahun 1888 hingga 1891 ini masih mempertahankan berbagai furnitur asli sejak awal bangunan berdiri. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi warna pada dinding bangunan mulai memudar. Sehingga perlu untuk diperbarui untuk menjaga kondisi bangunan yang bersejarah ini”.

 

Melihat pentingnya keberadaan Istana Maimoon sebagai cagar budaya, Nippon Paint Indonesia bersama Bank Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Warnai Kehidupan #ColouringLives, tergerak untuk melakukan revitalisasi dengan melakukan pengecatan ulang pada Istana Maimoon yang memiliki luas bangunan sebesar 772 m2 dengan menyumbangkan 1.562 liter cat beserta alat pengecatannya.

 

Sebagaimana disampaikan oleh Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, “Sejalan dengan kampanye #BestInClass dimana Nippon Paint hadir untuk mempersembahkan cat terbaik di kelasnya dengan kualitas tanpa kompromi, maka kami gunakan serangkaian produk #BestInClass, salah satunya yaitu Weatherbond Max dalam  pelestarian dan pengembangan bangunan ikonis di Indonesia ini”.

 

Weatherbond Max merupakan cat premium eksterior yang dilengkapi dengan Teknologi Quartz yang tangguh terhadap cuaca ekstrim tropis dan memiliki fitur self-cleaning agar bangunan lebih tahan terhadap debu atau kotoran sehingga selalu terlihat baru. Selain itu dengan Teknologi Reologi Optimal menghasilkan lapisan cat dengan daya tutup maksimal, hasil akhir halus merata, dan warna yang lebih cerah dan hidup.

 

Pengecatan ulang ini akan menonjolkan kembali keindahan arsitektur istana yang megah dan mewah dengan menggunakan warna seperti putih (Peaceful White - NP OW 1009), hijau (Green Feathers - NP AC 2105 A), kuning (Circus Top - NP YO 1134 A) serta merah (Red Martini - NP AC 2073 A). T. Reizan Ivansyah menjelaskan bahwa “Arsitektur Istana Maimoon dipengaruhi oleh berbagai budaya, seperti Belanda pada jendela dan pintu yang tinggi dan lebar, Persia pada lengkungan atap, dan Italia pada furnitur seperti lampu kristal di area singgasana sultan. Namun, bangunan ini tetap mempertahankan ciri khas Melayu Deli dengan warna kuning keemasannya.”

 

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara turut menyambut positif kepedulian terhadap Istana Maimoon di Medan. Adanya program revitalisasi dan kontribusi Nippon Paint terhadap Istana Maimoon ini sangat sejalan dengan gerakan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sehingga Bank Indonesia berkolaborasi dengan Nippon Paint dalam kegiatan pengecatan ulang Istana Maimoon sebagai bangunan ikonis kebanggaan Kota Medan.

 

Program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives persembahan Nippon Paint yang berfokus pada pelestarian dan pengembangan bangunan ikonis di Indonesia merupakan agenda tahunan yang telah dilakukan sejak tahun 2022. “Melalui program Warnai Kehidupan #ColouringLives, kami berharap Nippon Paint dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang berkelanjutan pada bangunan-bangunan bersejarah di Indonesia agar tetap terjaga dan menjadi aset bangsa yang lestari,” tandas Mark Liew.

Lifetime Design memberikan tanggapan positif atas dukungan yang diberikan Nippon Paint dalam terwujudnya ‘The House Within’

 

Jakarta, 17 Juli 2024 – Kemegahan ‘The House Within’ karya Lifetime Design terasa begitu memukau para pengunjung sesaat memasuki atrium utama pusat perbelanjaan Senayan City, Jakarta. Sejak diluncurkan pada 7 Juli 2024 lalu, instalasi rumah eksklusif rancangan Lifetime Design ini telah banyak menyedot perhatian publik dengan kemewahan dan keistimewaannya dalam menampilkan masa depan desain interior dan konstruksi.

Lifetime Design menjadi desainer pilihan dari pengusaha serta tokoh kreatif terkemuka Indonesia, Arief Muhammad yang mendapatkan tantangan dari pengikutnya di sosial media untuk membangun rumah di dalam mall hanya dalam waktu lima hari.

Rachmat Fauzan, CEO Lifetime Design mengungkapkan, “Melalui ‘The House Within’ kami ingin mengajak para penggemar desain interior, pemilik rumah, dan para profesional untuk mengunjungi dan merasakan perjalanan memukau melalui konsep desain inovatif dan teknik konstruksi. Instalasi ini menjanjikan pengalaman yang benar-benar mendalam, dengan menghadirkan desain unik dan konsep visioner yang mendefinisikan masa depan sebuah hunian.”

Pengalaman mendalam pengunjung instalasi ini sudah dirasakan sejak pengunjung mulai menapakkan kaki di sini. Disambut dengan tampilan fasad bangunan yang sangat elegan, pengunjung langsung merasakan nuansa yang sangat berbeda.

Sebagai merek Cat No. 1 di Asia*, Nippon Paint memberikan dukungannya terhadap dunia arsitektur dan interior desain. Termasuk kali ini ketika berkesempatan untuk turut serta dalam proses instalasi rumah eksklusif karya Lifetime Design; ‘The House Within’. Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint mengatakan, “Sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kami untuk dapat berkontribusi dalam proyek prestisius The House Within rancangan Lifetime Design. Kami melihat instalasi eksklusif ini senada dengan konsep merek cat kami dimana sentuhan warna-warna yang dihasilkan dapat memberikan kesan eksklusif, mewah, dan elegan.”

Adapun cat premium Nippon Paint yang diaplikasikan pada instalasi eksklusif ‘The House Within’ yaitu antara lain; sisi eksterior pada fasad bangunan menggunakan cat Weatherbond Max dengan kode warna NP OW 2161P - Leia White dan NP N 1988 A - Black Magic.

Sementara itu pada beberapa interior rumah menggunakan cat Nippon Spot-less Plus dengan kode warna NP OW 1012P - Eggshell dan NP PB 1498A - Marabelle. “Selain menciptakan kesan eksklusif, produk yang digunakan juga memiliki keunggulan cepat kering, tidak berbau, daya tutup maksimal, hasil halus merata dan hal ini tentunya sangat cocok digunakan pada bangunan yang memiliki target penyelesaian hanya dalam lima hari ini,” papar Mark Liew saat menjelaskan keunggulan dari cat Nippon Paint yang diaplikasikan dalam ‘The House Within’.

Lifetime Design memberikan tanggapan positif atas dukungan yang diberikan Nippon Paint dalam terwujudnya ‘The House Within’. “Kami sangat mengapresiasi atas dukungan Nippon Paint sehingga konsep yang kami usung dalam rancangan instalasi rumah di dalam mall ini dapat terwujud dalam waktu yang sangat terbatas dan mendapatkan respon yang sangat positif. Kami berharap melalui ‘The House Within’ pengunjung mall Senayan City dapat merasakan bagaimana desainer Lifetime Design merancang sebuah rumah yang tidak hanya elegan tetapi juga fungsional di tengah mall, dimana setiap ruangan akan meningkatkan estetika dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Rachmat Fauzan.

Untuk merasakan pengalaman unik dalam kemegahan dan eksklusivitas ‘The House Within’, pengunjung masih berkesempatan mengunjungi instalasi mewah dengan berbagai inspirasinya yang memukau di atrium utama pusat perbelanjaan Senayan City hingga tanggal 20 Juli 2024 nanti.

Nippon Paint yaitu dengan mendonasikan 1.115 liter cat Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling guna peremajaan 150 kapal nelayan peserta rempug nelayan

 

Serang, 4 Juli 2024 – Ratusan nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) wilayah Serang, Banten, bersukacita merayakan Hari Nelayan Internasional pada Sabtu, 29 Juni 2024 lalu dengan berpawai, melakukan arak-arakan, di sepanjang perairan laut utara tepatnya di Kepuh Margagiri, Kampung Cikubang, Desa Argawana, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Banten.

 

29 Juni menjadi momen sakral para nelayan di seluruh dunia karena diperingati sebagai Hari Nelayan Internasional atau Fisherman’s Day. Seperti diungkapkan oleh Sabihis, sebagai Ketua HNSI Kabupaten Serang, “Keberadaan nelayan di Indonesia sangatlah penting karena telah memberikan kontribusi besar dalam sektor perikanan negara ini bahkan disebut sebagai salah satu pejuang pangan. Melihat pentingnya peran nelayan dan bertepatan dengan diperingatinya Hari Nelayan Internasional atau setiap tanggal 29 Juni, maka Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) menyelenggarakan Syukuran Nelayan Kabupaten Serang 2024 dengan mengusung semangat ‘Nelayan Sejahtera Negara Kuat’.”

 

Tak dapat dipungkiri, nelayan berperan besar dalam menyuplai ikan sebagai sumber protein penting dalam komposisi menu makanan masyarakat Indonesia. Melansir situs resmi Kementerian Kelautan, dan Perikanan https://statistik.kkp.go.id/ diinformasikan bahwa ikan dapat dijadikan salah satu komoditas untuk mendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi. Peran penting ikan dalam ketahanan pangan ini ditopang oleh daerah produksi perikanan.

Kampung Cikubang yang terletak di Kabupaten Serang, Banten, merupakan salah satu daerah produksi perikanan yang penghidupannya bergantung pada hasil laut. “Melalui perayaan ini HNSI Kabupaten Serang sebagai organisasi nelayan ingin merealisasikan aspirasi masyarakat nelayan serta mendorong peningkatan kesejahteraan para nelayan, pemberdayaan nelayan dalam menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan dalam bidang perikanan.” 

”Selain itu juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama masyarakat Nelayan, memperkuat hubungan yang dapat diandalkan antara komunitas nelayan, pedagang, pengolah, lembaga pemerintah dan non-pemerintah, serta berbagai pemangku kepentingan untuk membangun sektor perikanan yang menguntungkan dan berkelanjutan, serta meningkatkan eksistensi masyarakat nelayan di Kabupaten Serang, Banten,” Sabihis kembali menambahkan.

 

Melihat peran nelayan yang begitu besar bagi ketahanan pangan bangsa Indonesia, Nippon Paint senantiasa berkomitmen untuk dapat berkontribusi memberikan dukungannya melalui program  Corporate Social Responsibility (CSR) Nippon Paint Indonesia dengan melakukan aksi nyata Warnai Kehidupan #ColouringLives untuk membantu nelayan dan masyarakat pesisir di berbagai daerah pesisir yang ada di Indonesia.

 

Topan Wijaksono, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan, “Dukungan yang diberikan Nippon Paint yaitu dengan mendonasikan 1.115 liter cat Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling guna peremajaan 150 kapal nelayan peserta rempug nelayan. Dengan produk-produk Nippon Paint yang berkualitas tinggi, peremajaan melalui pengecatan kapal nelayan diharapkan dapat memperindah tampilan kapal dan membuat kapal tampak lebih bersih, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang.”

 

Topan menerangkan lebih detail bahwa cat Bee Brand 1000 adalah cat enamel premium berbahan dasar resin alkyd dengan keistimewaan tampilan akhirnya yang mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat sehingga badan kapal dapat maksimal terlindungi dari korosi air laut dengan tampilan warna yang  lebih hidup. “Selain itu, kapal-kapal juga menggunakan Nippon Copper Paint Anti-Fouling untuk menjaga kapal kayu tetap aman dari teritip,” imbuhnya.


Menanggapi dukungan yang sangat positif dari Nippon Paint untuk Masyarakat Nelayan di Cikubang, Ali Musrofi selaku ketua komunitas nelayan Cikubang mengucapkan rasa terima kasihnya, “Mewakili para nelayan yang telah mendapatkan bantuan cat dari Nippon Paint, kami sangat berterima kasih karena pengecatan dengan menggunakan cat yang berkualitas tinggi dari Nippon Paint ini sangat bermanfaat bagi keberlangsungan kapal sebagai sarana utama nelayan untuk mencari ikan. Semoga dengan kondisi kapal yang lebih baik, nelayan menjadi semakin bersemangat dan tangkapan ikannya pun semakin maksimal sehingga terwujud kesejahteraan ekonomi kerakyatan bagi nelayan.”

 

Dengan dilakukannya aksi kolaborasi bersama dengan HNSI yang dapat memberikan banyak manfaat bagi para nelayan, Nippon Paint berharap ke depannya melalui program CSR pengecatan kapal nelayan dapat menjangkau lebih banyak lagi wilayah pesisir lainnya yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. “Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan potensi-potensi dari kawasan tersebut sehingga semakin memberikan dampak yang berkelanjutan. Tak hanya bagi nelayan namun juga bagi Masyarakat pesisir di Indonesia,” pungkas Topan.

Nippon Paint menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program ‘CSR MARITIM’

 

Tuban, 28 Juni 2024 – Sebagai negara yang sangat besar dan luas, wilayah geografis Indonesia didominasi dengan perairan dan gugusan pulau sehingga tak ayal negara ini dikenal sebagai negara Maritim dan juga bangsa pelaut. Bahkan kekuatan armada laut Indonesia telah mencapai kejayaannya sejak berabad-abad silam, mulai dari Kerajaan Sriwijaya, Kutai, Singasari, Mataram Kuno, Tarumanegara, hingga Majapahit.

 

Majapahit adalah salah satu Kerajaan Maritim yang sangat besar dan kuat, berjaya dengan armada lautnya dengan wilayah kekuasaan yang tersebar luas, tak hanya mencakup Nusantara namun juga meliputi Asia Tenggara. Kerajaan yang berpusat di Jawa Timur ini, menjadikan Tuban sebagai pelabuhan utama, perlintasan perdagangan dan pelayaran. Seperti diinformasikan dalam situs resmi Pemerintah Kabupaten Tuban, https://tubankab.go.id dahulu Pantai Boom Tuban yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, atau tepatnya di sebelah utara Alun-Alun Tuban merupakan pelabuhan penting di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

 

Dengan kuatnya kultur budaya Maritim di daerah Tuban, hasil laut pun menjadi tumpuan para nelayan sehingga menjadi salah satu penyumbang roda perekonomian di daerah ini. Seperti tercatat dalam publikasi yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Tuban di laman https://tubankab.bps.go.id/ , jumlah rumah tangga perikanan di Kabupaten Tuban pada tahun 2023 yaitu 10.094 untuk rumah tangga perikanan laut dan 10.278 untuk rumah tangga perikanan umum. Total produksi ikan untuk semua sub sektor perikanan pada tahun 2023 adalah 34.441 ton.

 

Melihat besarnya potensi kemaritiman di daerah Tuban, Nippon Paint Indonesia tergerak untuk memberikan dukungannya kepada para Nelayan di Tuban. Dalam hal ini Nippon Paint menginisiasi program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program ‘CSR MARITIM’. Dukungan dan langkah nyata Nippon Paint untuk Masyarakat pesisir melalui program CSR Maritim diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan peremajaan kapal nelayan yang berkelanjutan sebagai sumber penghidupan. Tak hanya nelayan, dalam program Maritim, Nippon Paint juga memberikan dukungannya kepada anak-anak nelayan serta melakukan kegiatan pemeliharaan lingkungan bersama-sama dengan masyarakat pesisir.

 

 

Dikemukakan oleh Harijanto selaku Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia, “Program Maritim menjadi wujud nyata dari sustainability pilar Nipsea Group yang tidak hanya untuk memberikan dukungan berupa peremajaan perahu nelayan sebagai alat utama mata pencaharian, namun juga dengan pelestarian pesisir melalui program bersih-bersih pantai, serta pemberian apresiasi kepada anak-anak Nelayan berprestasi di pesisir Indonesia. Kami juga menyelenggarakan kompetisi kapal dengan dekorasi terbaik dan kreatif melalui lukisan-lukisan yang ditorehkan di kapal mereka.”

Program Maritim ini pun mendapat respon yang sangat tinggi dari para Nelayan di Kabupaten Tuban. Seperti diungkapkan oleh Marwi, Ketua Rukun Nelayan Karangsari, “Sebagai nelayan yang sehari-harinya mencari penghasilan dengan menangkap ikan di laut, tentu saja kegiatan Maritim dari Nippon Paint ini memberikan banyak manfaat bagi kami. Dengan adanya peremajaan kapal dan juga pemberian apresiasi bagi anak-anak nelayan berprestasi, membuat kami sangat berterima kasih dan menghargai hal tersebut.”

 

Penganugerahan apresiasi bagi anak nelayan berprestasi diserahkan langsung oleh Harijanto kepada siswa/siswi khususnya anak para nelayan yang memiliki prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Apresiasi ini bertujuan untuk mendorong siswa/siswi agar lebih termotivasi dalam belajar.

 

Tingginya antusiasme para nelayan terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti program Maritim. Terlihat pada puncak acara program Maritim yang dihelat di Pantai Boom, Tuban, pada Sabtu, 22 Juni 2024, tercatat sebanyak 310 nelayan dan 155 kapal memenuhi area dermaga Pantai Boom untuk mengikuti kegiatan Maritim persembahan Nippon Paint.

 

Antusiasme para nelayan juga tampak dalam kegiatan Bersih Pantai. Secara kompak mereka bergerak aktif membersihkan Pantai Boom dari sampah. “Kami sangat terharu dan bangga melihat kekompakan para Nelayan di Tuban yang begitu antusias mengikuti kegiatan Maritim kami. Mereka sangat bersemangat bahu membahu membersihkan Pantai bersama-sama dengan karyawan Nippon Paint dan juga dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup setempat yang turut serta dalam kegiatan Bersih Pantai,” Harijanto kembali menambahkan.

 

Inisiatif kegiatan Bersih Pantai, seiring juga dengan diperingatinya Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2024. Dikatakan oleh Supriadi, Pejabat Fungsional Pengendali Dampak, Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Tuban, “Kami sangat mengapresiasi atas inisiatif yang digagas oleh Nippon Paint untuk melakukan kegiatan pembersihan area Pantai Boom melalui acara Bersih Pantai. Hal ini menjadi sebuah langkah nyata dari pihak swasta untuk bersama-sama melakukan pemeliharaan lingkungan sehingga kami pun tak ragu turut serta memberikan dukungan dengan turun langsung berpartisipasi dalam kegiatan ini.”

 

Dengan dilakukannya pembersihan sampah di area Pantai Boom, diharapkan Pantai ini semakin diminati sebagai salah satu destinasi wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tuban. Kegiatan ini sejalan dengan apa yang menjadi titik perhatian Dinas Pariwisata Jawa Timur. “Kami melihat program Maritim yang dijalankan oleh Nippon Paint dapat memberikan dampak besar bagi keberlangsungan penghidupan para nelayan di Tuban dan juga para pelaku UMKM yang menggantungkan perekonomiannya pada destinasi wisata Pantai Boom. Untuk itu kami berharap program seperti ini dapat terus digiatkan,” ujar Mohammad Emawan Putra, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tuban.

 

Untuk terus mendukung keberlangsungan dan memaksimalkan potensi wilayah pesisir di Tuban sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan, Nippon Paint berkomitmen untuk senantiasa berkontribusi dalam memajukan wilayah ini melalui program Maritim. “Dengan produk-produk yang berkualitas, peremajaan melalui pengecatan kapal nelayan diharapkan dapat membuat tampilan kapal menjadi lebih bersih, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka Panjang,” tandas Harijanto

 

Adapun cat yang diaplikasikan pada kapal nelayan yaitu menggunakan cat Bee Brand 1000 yaitu cat enamel premium berbahan dasar resin alkyd dengan keistimewaan tampilan akhirnya yang mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat sehingga badan kapal dapat maksimal terlindungi dari korosi air laut dengan tampilan warna yang  lebih hidup. Selain itu, kapal-kapal juga menggunakan Nippon Copper Paint Anti-Fouling untuk menjaga kapal kayu tetap aman dari teritip.

 

“Harapan kami ke depannya melalui program Maritim, Nippon Paint dapat menjangkau lebih banyak lagi wilayah pesisir lainnya yang tersebar di berbagai penjuru Nusantara. Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan potensi-potensi dari kawasan tersebut sehingga semakin memberikan dampak yang berkelanjutan.” pungkas Harijanto.

Secara aktif dan konsisten Nippon Paint senantiasa berkomitmen untuk melakukan program CSR pengecatan masjid dan musala di berbagai wilayah di Indonesia

 

Banten, 24 Juni 2024Nippon Paint sebagai pelopor cat dan pelapis terus berkomitmen untuk memberikan dukungannya melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Warnai Kehidupan #ColouringLives dengan terus menambah jumlah pengecatan masjid di berbagai daerah di Indonesia sehingga umat muslim dapat semakin nyaman saat beribadah. Pada kesempatan kali ini, Nippon Paint Indonesia meluncurkan program Masjid 1000 di provinsi Banten yang juga menjadi bagian dari kegiatan CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives.

 

Nippon Paint Indonesia melihat pentingnya sarana peribadatan yang bersih dan nyaman sehingga beribadah pun semakin menyenangkan dan istimewa. Selain sebagai sarana ibadah, masjid saat ini memiliki berbagai fungsi baik sebagai sarana edukasi, sarana sosial dan kesehatan,  tempat keamanan dan perlindungan, tempat toleransi dan dialog, pusat informasi, dan sarana bermanfaat lainnya. Untuk itu Nippon Paint Indonesia memberikan donasi sebanyak 5600 liter cat untuk 416 masjid di wilayah Banten dengan cat istimewa Vinilex Pro 1000.

 

Topan Wijaksono, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Telah menjadi komitmen Nippon Paint untuk senantiasa mendukung pemeliharaan sarana peribadatan, khususnya ketika menyambut momen-momen Hari Raya besar umat muslim di Indonesia, seperti pada saat Idul Adha beberapa waktu lalu sehingga umat muslim dapat semakin nyaman dalam menjalankan ibadahnya. Melalui program CSR Masjid 1000, kami memberikan dukungan dengan memfasilitasi pengecatan masjid menggunakan produk yang berkualitas Vinilex Pro 1000. Dengan adanya kegiatan pengecatan ini diharapkan dapat membuat tampilan masjid menjadi lebih bersih, apik, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang.”

 

Adapun produk yang diaplikasikan dalam pengecatan masjid, khususnya untuk melindungi bagian eksterior bangunan menggunakan salah satu cat favorit masyarakat Indonesia yaitu Vinilex Pro 1000. Topan melanjutkan, “Kami menggunakan cat Vinilex Pro 1000 yaitu cat berkualitas dari Nippon Paint yang memiliki bahan dasar kopolimer vinyl akrilik dan memiliki teknologi anti pudar sehingga hasil lapisannya halus dan tahan lama.”

 

Menanggapi inisiatif yang dilakukan Nippon Paint melalui pengecatan masjid, Ucan selaku Pengurus Masjid di Masjid Al-Ikhlas, yang terletak di Jl. Nasional III, Mahendra, Kec. Cibaliung, Kab. Pandeglang, Banten, mengungkapkan, “Kami sangat senang dan berterima kasih atas bantuan pengecatan masjid kami secara gratis dari Nippon Paint. Terlebih lagi kali ini bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Adha, sehingga jamaah dapat langsung merasakan nuansa yang berbeda di mana masjid kami saat ini menjadi semakin bersih, dan tentunya dapat membawa kenyamanan bagi jamaah kami.”

 

Secara aktif dan konsisten Nippon Paint senantiasa berkomitmen untuk melakukan program CSR pengecatan masjid dan musala di berbagai wilayah di Indonesia. Sejak tahun 2022 Nippon Paint sudah melakukan hal tersebut dan hingga kini total yang mendapatkan fasilitas pengecatan yaitu berjumlah 589 masjid dan musala.

Nippon Paint Indonesia kembali memperluas jaringan mitra toko di wilayah Semarang, Jawa Tengah.

 

Semarang, 11 Juni 2024 – Memasuki penghujung semester I – 2024 Nippon Paint Indonesia kembali memperluas jaringan mitra toko di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Untuk memenuhi kebutuhan market akan cat dan pelapis yang berkualitas, Nippon Paint Indonesia sebagai perusahaan manufaktur pelopor dalam industri cat dan pelapis turut hadir dalam peresmian dibukanya cabang dari Toko Cat Djaja Agung yang sudah menjadi mitra bisnis Nippon Paint sejak tahun 1968. Cabang baru ini memiliki luas bangunan sebesar 350 meter persegi yang berlokasi di Jl. Raya Semarang - Boja, Kedungpane, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah. Toko ini dapat menampung sekitar 130 jenis produk dari Nippon Paint.

 

Mark Liew, selaku General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, memberikan sambutannya pada saat peresmian Toko Cat Djaja Agung, di Mijen, Semarang, Jawa Tengah, “Dengan terus bertumbuhnya industri properti dan dibutuhkannya produk yang berkualitas untuk mendukung kekuatan dan juga keindahan bangunan baik dari sisi interior maupun eksterior, untuk itu Nippon Paint terus berupaya agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut yaitu dengan menambah jaringan melalui toko-toko bahan bangunan yang menyediakan produk kami secara lengkap.”

 

Ditambahkan pula oleh Juni Susanti, sebagai pemilik Toko Cat Djaja Agung, “Sebagai mitra toko Nippon Paint, kami dengan bangga menghadirkan produk-produk Nippon Paint yang telah dikenal luas oleh masyarakat sebagai produk yang berkualitas. Khususnya di area Jawa Tengah ini, memang permintaan customer untuk cat Nippon Paint sangat tinggi. Maka dari itu kami melengkapi toko ini dengan berbagai produk-produk dari Nippon Paint yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan cat dan pelapis berkualitas.”

                       

Diakui oleh Juni bahwa permintaan produk cat dan pelapis di area Semarang, Jawa Tengah cukup tinggi. Menurutnya, hal ini juga dipengaruhi oleh maraknya proyek-proyek perumahan, apartemen, dan pusat perbelanjaan yang dikembangkan di wilayah Semarang dan sekitarnya.

 

Tak hanya memperkuat jaringan toko, Nippon Paint Indonesia juga senantiasa melakukan berbagai inovasi, baik itu dari segi produk maupun pelayanan. “Dari segi produk yang terbaru, Nippon Paint telah merilis rangkaian produk Best-in-Class yang terdiri dari cat eksterior, interior, atap, lantai, hingga peralatan pengecatan yang terbaik di kelasnya. Kami hadirkan rangkaian Weatherbond Series untuk cat eksterior terbaik di kelas premium hingga ultra premium, lalu untuk cat interior premium yang terbaru kami hadirkan Flaw-less Easywash, dan sealer eksterior kelas premium terbaru, yaitu 8100 Weatherbond Sealer. Produk-produk Best-in-Class ini memberikan kualitas tanpa kompromi dengan keunggulan; daya tutup terbaik, warna paling cerah dan hidup, hasil akhir yang halus, serta minim cipratan“ imbuh Mark.

Sementara itu, berbicara mengenai permintaan jenis cat yang paling tinggi untuk area Jawa Tengah, yaitu Elastex 3-IN-1, dengan keistimewaan 3 fungsi cat dalam 1 kemasan yaitu; Cat Anti-Bocor, Cat Dasar dan Cat Akhir “Di Jawa Tengah, produk Elastex 3-In-1 ini menjadi salah satu produk cat yang paling diminati, terbukti dalam 5 bulan pertama di tahun ini saja sudah terjual hampir 1 juta ton liter,” Mark menambahkan.

 

Nippon Paint juga telah menyediakan layanan bagi pemilik rumah yang masih terkendala memilih warna cat melalui layanan Colour Scheme Service, yaitu layanan visualisasi warna cat pada bangunan dengan tiga alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk. “Jadi bagi customer yang masih bingung untuk mengkombinasikan warna, bisa menggunakan Colour Scheme Service. Lalu kami juga memiliki Nippon Paint WhatsApp Care bagi customer yang membutuhkan informasi seputar konsultasi warna, produk, sistem pengecatan bahkan hingga rekomendasi toko terdekat dan mitra tukang cat, dapat langsung menghubungi WhatsApp di 0811-1283-028,” jelas Mark lebih detail.

 

Ke depannya, Mark berharap, “Dengan bertambahnya jaringan toko dan juga melalui berbagai inovasi produk dan layanan yang kami lakukan, kami optimis dapat memberikan solusi serta memenuhi kebutuhan cat dan pelapis yang berkualitas bagi customer Indonesia.”

Langkah nyata Nippon Paint Indonesia dalam Program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives telah dilakukan secara konsisten dari tahun ke tahun dalam hal kontribusinya untuk semakin menggerakan ekonomi Masyarakat setempat di berbagai daerah di Indonesia.

 

Banten, 4 Mei 2024 – Khasanah bahari Nusantara begitu lekat dengan Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki wilayah perairan seluas 5,9 juta km2 dan panjang garis pantai pulau-pulau di Indonesia yang mencapai lebih dari 81.290 km. Sehingga menempatkan Indonesia menjadi negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada. Sebagaimana diinformasikan dalam laman ESDM.go.id.

 

Dengan didominasi wilayah perairan, hasil bahari pun menjadi salah satu sumber kehidupan Masyarakat Indonesia sejak dulu. Salah satu daerah yang dikenal sebagai pintu masuk lalu lintas perdagangan laut Nusantara sejak berabad silam yaitu Pelabuhan Karangantu yang terletak di Serang, Banten. Daerah ini dulunya sangat masyhur sebagai pusat perdagangan bertemunya para pedagang dari berbagai bangsa, termasuk Belanda yang kemudian jatuh hati dengan tempat ini. Di masa itu, Pelabuhan Karangantu merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah Pelabuhan Sunda Kelapa di Jayakarta.

 

Kini, wajah Karangantu telah berubah tak lagi menjadi pelabuhan namun menjelma menjadi dermaga wisata bahari. Sebagai objek wisata, Karangantu memiliki magnet bagi para wisatawan yang tak hanya ingin berwisata bahari namun juga wisata mangrove, budaya dan sejarah. Diungkapkan oleh Andi Syamsu Alam selaku Ketua Paguyuban Kapal Wisata Karangantu Pantai Gope, “Sebelumnya Karangantu memang memiliki peran sebagai pusat kegiatan perikanan yang memasok sebagian kebutuhan ikan di wilayah Provinsi Banten namun kini, banyak wisatawan yang menjadikan Karangantu sebagai destinasi wisata, seperti berkeliling dengan kapal di area mangrove dan melihat bangungan cagar budaya bersejarah. Selain itu terdapat aneka kuliner masakan laut dimana pengunjung juga bisa membeli langsung bahan masakan laut di pelelangan ikan di sini. Ini lah yang sangat membantu perekonomian masyarakat Karangantu dan sekitarnya.”

 

Penduduk setempat pun semakin berbenah diri, tak hanya menggantungkan mata pencaharian sebagai nelayan, namun juga mempercantik kawasan ini menjadi sebuah destinasi wisata. Guna mendukung keberlangsungan wilayah Karangantu ini, Nippon Paint Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Warnai Kehidupan #ColouringLives memberikan dukungannya dengan mendonasikan 262,4 liter cat dan aksesoris pengecatan untuk 15 kapal di Karangantu. Topan Wijaksono, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan, “Untuk terus mendukung keberlangsungan dan memaksimalkan potensi Karangantu sebagai destinasi wisata yang berkelanjutan, kami tergerak untuk berkontribusi dalam memajukan wilayah ini melalui program kami yaitu Warnai Kehidupan, #ColouringLives sehingga menjadi semakin menarik minat wisatawan untuk datang ke Karangantu.”

 

Topan menuturkan bahwa, dalam program Warnai Kehidupan, #ColouringLives Nippon Paint tak hanya mendonasikan cat untuk pengecatan kapal, namun juga pintu masuk wisata yang ada di Karangantu agar menjadi lebih hidup dan berwarna.

 

Adapun cat yang didonasikan adalah Bee Brand 1000 yaitu cat enamel premium berbahan dasar resin alkyd dengan keistimewaan tampilan akhirnya yang mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat sehingga badan kapal dapat maksimal terlindungi dari korosi air laut dengan tampilan warna yang  lebih hidup. Selain itu, kapal-kapal juga menggunakan Nippon Copper Paint Anti-Fouling untuk menjaga kapal kayu tetap aman dari teritip.

 

Merespon atas inisiatif yang dilakukan Nippon Paint, mewakili Paguyuban Kapal Wisata Karangantu Pantai Gope Andi menambahkan, “Dengan adanya pengecatan kapal-kapal yang ada di Karangantu, tentu saja kami sangat berterima kasih kepada Nippon Paint. Karena dengan demikian, kapal-kapal kami menjadi semakin menarik, berwarna, dan lebih hidup. Semoga hal ini dapat semakin menggugah rasa para wisatawan untuk berkunjung ke Karangantu dan kehidupan Masyarakat di wilayah ini pun bisa lebih menggeliat lagi.”

 

Langkah nyata Nippon Paint Indonesia dalam Program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives telah dilakukan secara konsisten dari tahun ke tahun dalam hal kontribusinya untuk semakin menggerakan ekonomi Masyarakat setempat di berbagai daerah di Indonesia. Untuk destinasi wisata antara lain; Kampung Pelangi di Semarang, Nepal van Java di Magelang, Kawasan Pecinan Kya-kya di Surabaya. Sebelumnya, Nippon Paint Indonesia juga melakukan donasi cat dan pengecatan kapal nelayan di berbagai pesisir Indonesia seperti Cirebon, Pati, Yogyakarta, Kendal, dan Pekalongan.

 

“Harapan kami ke depannya Nippon Paint dapat menjangkau lebih banyak lagi destinasi wisata Bahari lain yang ada di Indonesia. Dengan demikian, kita dapat memaksimalkan potensi-potensi dari wisata Bahari sehingga semakin menjadi daya pikat bagi wisatawan,” pungkas Topan.

Direktur Utama PT Chitose Internasional Tbk (CINT) Kazuhito Aminaka, Direktur PT Chitose Internasional Tbk (CINT) Susanto, Direktur PT Chitose Internasional Tbk (CINT) R. Nurwulan Kusumawati dan Direktur PT Chitose Internasional Tbk (CINT) Ade Arifin saat acara Public Expose PT Chitose Internasional Tbk. di Bandung, Jawa Barat, Senin (22/4/2024). PT Chitose Internasional Tbk (CINT) menyiapkan rencana ekspansi dengan merambah ke bisnis perdagangan besar alat laboratorium, alat farmasi, dan alat kedokteran seiring dengan pencapaian kinerja positif di 2023.

 

Cimahi, Jawa Barat, 22 April 2024 – Emiten produsen furnitur, PT Chitose Internasional Tbk (CINT) menyiapkan rencana ekspansi dengan merambah ke bisnis perdagangan besar alat laboratorium, alat farmasi, dan alat kedokteran seiring dengan pencapaian kinerja positif di 2023.

 

Sepanjang tahun lalu, perseroan mampu mencatat kinerja impresif dengan pendapatan naik 4,41% menjadi Rp 456,91 miliar, dari tahun 2022 sebesar Rp 437,62 miliar. Kontributor terbesar dihasilkan dari segmen peralatan kantor 57,23% dan pendidikan sebesar 39,54%.

 

Pendapatan ini mendorong perusahaan berhasil memulihkan kinerja dari sebelumnya rugi bersih tahun berjalan di 2022 sebesar Rp 4,15 miliar, menjadi laba bersih tahun berjalan di 2023 sebesar Rp 5,86 miliar. Laba bersih atribusi entitas induk dicatat senilai Rp 4,20 miliar, dari rugi bersih entitas induk Rp 5,82 miliar di tahun lalu.

 

Direktur Utama Chitose Kazuhiko Aminaka mengatakan, perseroan mampu meningkatkan capaian penjualan neto yang mendorong perbaikan profitabilitas. Hal ini karena kemampuan Perseroan untuk responsif terhadap dinamika pasar dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

 

Sebab itu, menyambut optimisme ini, perseroan telah menyusun strategi dalam mengoptimalkan setiap momentum pertumbuhan.

 

“Dari aspek produk, kami akan terus mengembangkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Segmen pasar juga akan terus dikembangkan dengan meningkatkan penetrasi pada pelanggan-pelanggan dari sektor swasta,” katanya dalam Paparan Publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Showroom Chitose, Cimahi, Jawa Barat, Senin (22/4/2024).

 

Sementara itu, hasil RUPST lainnya yakni penggunaan laba bersih tahun 2023. RUPST menyetujui untuk membagikan dividen sebesar RP 5 Miliar kepada para pemegang saham.

 

Adapun rencana strategis yang akan dijalankan tahun ini, yakni penambahan kegiatan usaha di perdagangan besar alat laboratorium, alat farmasi, dan alat kedokteran manusia (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia/KBLI 46691) berdasarkan Studi Kelayakan yang disusun Kantor Jasa Penilai Publik Syarief, Endang, dan Rekan (MSE) pada 2 April 2024, dengan hasil LAYAK dan telah mendapatkan persetujuan RUPST. Sehingga dengan penambahan KBLI tersebut, kedepannya Perseroan dapat melakukan kegiatan usaha berupa perdagangan besar alat laboratorium, alat farmasi, dan alat kedokteran untuk manusia khususnya ranjang rumah sakit manual dan elektrik, ranjang periksa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), tiang infus, meja makan pasien, emergency bed, ranjang rawat bayi dan kabinet samping ranjang serta dapat memasarkan produk alat kesehatan lain yang relevan seperti ranjang ICU, kursi roda, Obgyn Bed (ranjang bersalin) dan lain-lain.

 

KJPP MSE memprediksi, efek tambahan bisnis baru ini akan mendorong peningkatan kinerja CINT lima tahun kedepan dan secara berkelanjutan.

 

Pangsa Pasar

Dalam kesempatan itu, Direktur Sales Marketing Chitose Susanto mengatakan, pada tahun 2023 perseroan masih menargetkan pasar lokal sebagai pangsa pasar utama dalam mendistribusikan produk-produk kepada pelanggan. Namun, perseroan juga terus berupaya mengembangkan pasar mancanegara.

 

Tahun 2023, porsi penjualan di pasar lokal mencapai Rp 434,33 miliar atau 95,06% dari penjualan neto. Sementara penjualan neto di pasar ekspor Rp 22,58 miliar atau 4,94% dari penjualan neto.

 

Dari sisi industri, Bapak Susanto mengatakan perkembangan industri furnitur tahun 2024 diproyeksikan akan lebih baik dari 2023. Optimisme ini tidak terlepas dari stabilitas berbagai indikator makroekonomi penting di akhir 2023. “Selain itu, dorongan kuat dari pemerintah untuk kemajuan industri furnitur juga diharapkan dapat menjadi salah satu tumpuan di tahun 2024,” katanya.

 

Jakarta, 6 April 2024 – Mudik atau pulang kampung untuk merayakan kegembiraan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga telah menjadi tradisi tahunan. Tak terkecuali bagi para mitra tukang dan mandor bangunan. Menyambut antusiasme momen ‘Mudik Bareng’ yang setiap tahun menjadi agenda rutin Nippon Paint bersama mitra tukang dan mandor, maka di tahun 2024 ini Nippon Paint kembali menyelenggarakan program tersebut. 

 

Nippon Paint sebagai pelopor cat dan pelapis senantiasa memberikan dukungannya kepada para pekerja bangunan yang telah berperan terhadap eksistensi Nippon Paint di Indonesia. Seperti dikatakan oleh Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, dalam acara pelepasan Mudik Bareng Nippon Paint 2024 yang berlangsung di Stasiun Gambir, Sabtu, 6 April 2024, “Hari Raya menjadi momen istimewa untuk berkumpul bersama sanak famili di kampung halaman. Tak terkecuali untuk para mitra tukang dan mandor yang selama ini telah banyak berkontribusi terhadap keberlangsungan Nippon Paint di Indonesia. Untuk itu kami sangat antusias dalam menyelenggarakan program Mudik Bareng Nippon Paint 2024 agar pulang ke kampung halaman pun terasa aman dan nyaman.”

 

 

Berbeda dengan tahun lalu yang menggunakan moda transportasi berupa bus, di momen mudik bareng tahun ini, Nippon Paint memfasilitasi moda transportasi kereta api kelas Eksekutif berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

 

 

Menyambut positif hal itu, Wawan Ariyanto selaku Direktur Operasi KAI Wisata mengungkapkan, “Kami sangat mendukung dan mengapresiasi program Mudik Bareng Nippon Paint ini. Apalagi peserta yang mendapatkan fasilitas mudik bareng adalah para mitra tukang dan mandor yang memang sangat membutuhkan transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Tentunya dengan sarana yang disediakan oleh Nippon Paint yaitu kereta api jenis eksekutif sudah tidak diragukan lagi tingkat kenyamanannya. Sehingga dapat membantu agar pengalaman mudik terasa lebih aman dan nyaman hingga sampai di kampung halaman.”

 

Mengedepankan faktor keamanan dan kenyamanan para pemudik menjadi pertimbangan Nippon Paint untuk menyediakan kereta api kelas Eksekutif seperti Argo Dwipangga, Taksaka, Brawijaya, Bima dan Pandalungan. Mark Liew kembali menambahkan, “Dengan mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi para peserta Mudik Bareng bersama Nippon Paint kali ini, maka kami pun telah menyiapkan moda transportasi yang juga nyaman yaitu kereta api eksekutif dengan tujuan kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Harapannya, para mitra tukang dan mandor beserta keluarganya dapat merasakan pengalaman mudik bareng yang aman, nyaman, juga menyenangkan.”

 

Dengan kuota ketersediaan sebanyak 1000 tempat duduk, program mudik bareng dimulai pada hari Sabtu - Minggu, 6 -7 April 2024 dengan titik keberangkatan di Stasiun Gambir, menuju kota-kota di Jawa Barat (Indramayu, Cirebon), Jawa Tengah (Purwokerto, Kroya, Kebumen, dll), Yogyakarta, hingga Jawa Timur (Surabaya, Blitar, Malang, dll).

 

Selain mendapatkan kesempatan untuk mudik gratis, para pemudik juga dibekali beberapa fasilitas antara lain berupa travel kit yang berisi t-shirt, topi, snack, serta acara hiburan bersama public figure papan atas yaitu Raffi Ahmad. Tak hanya itu, seraya menunggu tibanya keberangkatan KA, para pemudik melakukan doa bersama dan mendapatkan tausiyah yang dipimpin oleh Ustadz Maulana.

 

Public Figure Raffi Ahmad turut memberikan tanggapannya mengenai kegiatan Mudik Bareng Nippon Paint 2024, “Saya turut merasakan kebahagiaan para mitra tukang dan mandor yang turut serta dalam program Mudik Bareng Nippon Paint. Dengan berbagai fasilitas kenyamanan yang disediakan, tentu saja membuat para peserta mudik lebih bersemangat untuk pulang ke kampung halaman. Saya ikut merasakan semangat dan antusiasme mereka. Semoga mereka selamat sampai tujuan dan membawa berkah Hari Raya untuk merayakannya bersama keluarga.”

NIPPON PAINT FASILITASI PENGECATAN 35 MASJID DI PROVINSI BANTEN

 

Jakarta, 18 Maret 2024Nippon Paint sebagai pelopor cat dan pelapis terus berkomitmen untuk memberikan dukungannya melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Warnai Kehidupan #ColouringLives di bulan Ramadan yaitu dengan memfasilitasi pengecatan masjid dan musala sehingga umat muslim dapat semakin nyaman saat beribadah.

 

Kekhusyukan beribadah tentunya akan terasa lebih fokus apabila didukung dengan kondisi bangunan yang bersih dan nyaman. Sehingga beribadah pun semakin menyenangkan dan istimewa. Melihat pentingnya sarana peribadatan yang layak, bersih, dan nyaman, Nippon Paint Indonesia memberikan donasi sebanyak 3565 liter cat melalui pengecatan lebih dari 100 masjid dan musala yang tersebar di beberapa wilayah seperti Serpong, Tangerang, Serang, Malingping, Pemalang, Pekalongan, Tegal, dan Brebes.

 

NIPPON PAINT DONASIKAN 2450 LITER CAT UNTUK 70 MUSALA DI WILAYAH PEMALANG, PEKALONGAN, TEGAL, DAN BREBES

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Nippon Paint senantiasa berkomitmen untuk mendukung pemeliharaan sarana peribadatan, khususnya di bulan Ramadan ini sehingga umat muslim dapat semakin nyaman dalam menjalankan ibadahnya. Dukungan yang kami berikan yaitu dengan memfasilitasi pengecatan masjid menggunakan produk-produk yang berkualitas. Melalui kegiatan pengecatan ini diharapkan dapat membuat tampilan masjid dan musala menjadi lebih bersih, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang.”

 

Adapun produk yang diaplikasikan dalam pengecatan masjid dan musala, yakni menggunakan 3 jenis cat premium yaitu; Weatherbond Max, Nippon Flawless, dan Bee Brand. Mark menambahkan, “Cat Weatherbond Max kami gunakan  pada bagian eksterior bangunan sehingga dapat melindungi permukaan dinding dengan cat  yang memiliki daya tahan lebih dari 8 tahun, daya tutup terbaik, menjaga tembok tetap bersih, tahan cuaca, warna paling cerah dan tahan lama, hasil halus dan merata, memiliki sunblock technology untuk menurunkan panas ruangan, hingga minim cipratan.”

 

Kemudian untuk bagian interior, masjid dan musala dilapisi dengan cat Nippon Flawless dengan hasil matt yang halus, daya tutup sempurna, serta dapat dibersihkan. Tak hanya itu untuk bagian besi dan kayu pada bagian gerbang masjid juga menggunakan produk khusus berbahan dasar resin alkyd, yaitu Bee Brand 1000 dengan kelebihan tampilan akhir mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat.

 

Dalam aksi CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives Pengecatan Masjid dan Musala, Nippon Paint juga  berkolaborasi dengan 18 Mitra Toko di kawasan Banten dan Jawa Tengah. Seperti diungkapkan oleh salah satu Mitra Toko yaitu Sopyan Hadi, selaku perwakilan manajemen Toko BA Bangunan, “Kami sebagai Mitra Toko tentunya sangat merespon positif atas kegiatan sosial yang dilakukan oleh Nippon Paint. Untuk itu kami juga tak ragu untuk turut berkolaborasi mendukung pengecatan beberapa masjid yang tersebar di wilayah Banten.” Sebagai Mitra Toko, dukungan yang diberikan yaitu dalam bentuk donasi aksesoris pengecatan.

 

Sementara itu untuk area Jawa Tengah, Nippon Paint berkolaborasi dengan Toko Cat Juara selaku Mitra Toko resmi Nippon Paint. Budi Hartono, pemilik Toko Cat Juara mengatakan, ”Kegiatan ini salah satu dari beberapa kolaborasi yang telah kami lakukan bersama Nippon Paint untuk terlibat dalam CSR Nippon Paint - Warnai Kehidupan #ColouringLives, dan di bulan suci Ramadan kali ini kami kembali bekerjasama untuk mendukung pengecatan ulang 70 musala. Kami senang dan turut mendukung program ini dengan memberikan donasi berupa sejumlah aksesoris pengecatan, salah satunya yang diberikan untuk Musala Al Fadhlu di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah di bulan Ramadan.”

 

Menanggapi inisiatif yang dilakukan Nippon Paint melalui pengecatan masjid, Ahmad Ali Haydhor selaku Pengurus Masjid di Masjid Al Istiqomah, Ciputat Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, mengungkapkan, “Tentu saja kami sangat senang dan berterima kasih atas bantuan pengecatan masjid kami secara gratis dari Nippon Paint. Dengan pengecatan ini, masjid kami saat ini menjadi tampak lebih bersih, dan tentunya dapat membawa kenyamanan bagi jamaah kami.”

 

Nippon Paint secara konsisten terus berkomitmen untuk melakukan kegiatan CSR pengecatan masjid dan musala di berbagai wilayah di Indonesia. Sejak tahun 2022 Nippon Paint sudah melakukan hal tersebut dan hingga kini total yang mendapatkan fasilitas pengecatan yaitu berjumlah 173 masjid dan musala.

Jakarta, 18 Maret 2024 – Dalam rangka menyambut Ramadan 1444 Hijriah, Nippon Paint mendonasikan 2450 liter cat untuk 70 musala di area Pemalang, Pekalongan, Tegal, dan Brebes. Donasi tersebut merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Nippon Paint – Warnai Kehidupan #ColouringLives ‘Pengecatan Musala’ yang berkolaborasi dengan Toko Cat Juara. Salah satu musala yang turut mendapatkan donasi dari program ini adalah Musala Al Fadhlu yang terletak di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

 

Ramadan tak terpisahkan dari peran masjid dan musala. Sebab, segala aktivitas umat Muslim di bulan Ramadan ini berpusat di rumah ibadah itu sendiri, salah satunya adalah musala. Tentu saja, kondisi bangunan musala yang bersih dan nyaman memberikan kekhusyukan tersendiri bagi umat Muslim dalam beribadah sekaligus menguatkan solidaritas antar umat Muslim,” ujar Rawi Priyatno, Kepala Depot Area Pemalang, Nippon Paint Indonesia, dalam keterangan tertulis, Jumat (15/3/2024).

 

Rawi menjelaskan, “Nippon Paint dengan CSR #ColouringLives ‘Pengecatan Musala’ senantiasa berkomitmen memelihara bangunan rumah ibadah semua umat di Indonesia. Sehingga kami memastikan bahwa pengecatan musala ini menggunakan produk-produk cat Nippon Paint yang berkualitas dan terbaik di kelasnya agar bangunan tetap lestari dalam jangka panjang.”

 

Nippon Paint Indonesia, sambung Rawi, mendonasikan tiga jenis cat premium, yakni Weatherbond Max, Nippon Flawless, dan Bee Brand sebanyak 35 liter untuk Musala Al Fadhlu di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dengan luas 60 meter persegi.

 

“Untuk cat eksterior Musala Al Fadhlu di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menggunakan Weatherbond Max yang memiliki Quartz Technology dengan daya tahan lebih dari 8 tahun, daya tutup terbaik, menjaga tembok tetap bersih, tahan terhadap cuaca, memiliki warna paling cerah dan hidup, warna tahan lama, hasil halus dan merata, serta memiliki sunblock technology untuk menurunkan panas ruangan hingga minim cipratan. Sementara itu, untuk cat interiornya menggunakan Nippon Flawless dengan hasil matt yang halus, daya tutup sempurna, serta menghasilkan warna yang nyata dan cerah hingga minim cipratan.” imbuhnya.

 

Rawi menambahkan, untuk melindungi permukaan besi dan kayu pada musala kami berikan cat Bee Brand 1000 yang berbahan dasar resin alkyd, sehingga tampilan akhirnya mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat.

 

Dalam CSR kali ini Nippon Paint berkolaborasi dengan Toko Cat Juara selaku Mitra Toko resmi Nippon Paint. Budi Hartono, pemilik Toko Cat Juara mengatakan, ”kegiatan ini salah satu dari beberapa kolaborasi yang telah kami lakukan bersama Nippon Paint untuk terlibat dalam CSR Nippon Paint - Warnai Kehidupan #ColouringLives, dan di bulan suci Ramadan kali ini kami kembali bekerjasama untuk mendukung pengecatan ulang 70 musala. Kami senang dan turut mendukung program ini dengan memberikan donasi berupa sejumlah aksesoris pengecatan, salah satunya yang diberikan untuk Musala Al Fadhlu di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Semoga kegiatan ini dapat menjadi berkah bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah di bulan Ramadan.”

 

Perwakilan Musala Al Fadhlu di Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Ustad Ahmad Shobirin, mengapresiasi pelaksanaan CSR “Pengecatan Musala”. “Kami sangat berterima kasih kepada Nippon Paint dan Toko Cat Juara yang telah memberikan dukungan revitalisasi Musala Al Fadhlu berupa bantuan cat dan peralatan cat secara gratis. Kini, bangunan musala menjadi lebih cerah, bersih, serta memberikan kenyamanan bagi jamaah kami dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadan,” ujar Ustad Shobirin.

 

Rawi juga mempertegas bahwa, “Rangkaian CSR #ColouringLives ‘Pengecatan Musala’ adalah bagian dari dari program CSR Nippon Paint Global yang memiliki fokus pada 5 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, meliputi; Kehidupan Sehat & Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi, Mengurangi Kesenjangan, hingga Penataan Kota & Permukiman Ramah Lingkungan. Diharapkan ke depannya, CSR ini dapat menjangkau lebih banyak musala untuk direvitalisasi dan memberikan manfaat bagi umat Muslim di Indonesia dalam beribadah.”

 

Tangerang Selatan, 18 Maret 2024 – Masjid sebagai tempat beribadah bagi umat Muslim sangatlah penting keberadaannya. Terlebih di bulan Ramadan, keberadaan masjid semakin terasa istimewa karena tidak hanya sebagai sarana beribadah, masjid juga menjadi pusat kegiatan sosial yang menghidupkan hangatnya kebersamaan masyarakat, seperti menyiapkan takjil untuk berbuka puasa, menyantap menu buka puasa bersama-sama, tempat pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah, dan lain-lain.

 

Kekhusyukan beribadah tentunya akan terasa lebih fokus apabila didukung dengan kondisi bangunan yang bersih dan nyaman. Sehingga beribadah pun semakin menyenangkan dan istimewa. Melihat pentingnya sarana peribadatan yang layak, bersih, dan nyaman, Nippon Paint Indonesia memberikan dukungannya dengan memberikan donasi sebanyak 1115 liter cat melalui pengecatan 35 masjid yang berada di beberapa wilayah Banten seperti, Serpong, Tangerang, Serang, dan Malingping.

 

Topan Wijaksono, Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Nippon Paint terus berkomitmen untuk mendukung pemeliharaan masjid sehingga umat muslim dapat semakin nyaman saat beribadah. Dukungan yang kami berikan yaitu dengan memfasilitasi pengecatan masjid dengan menggunakan produk-produk yang berkualitas. Untuk itu pengecatan ini diharapkan dapat membuat tampilan masjid menjadi lebih bersih, layak, dan memaksimalkan fungsi jangka panjang.”

 

Adapun produk yang digunakan dalam pengecatan masjid ini, yakni pada bagian eksterior dilindungi dengan cat Weatherbond Max yang memiliki daya tahan lebih dari 8 tahun, daya tutup terbaik, menjaga tembok tetap bersih, tahan cuaca, warna paling cerah dan tahan lama, hasil halus dan merata, memiliki sunblock technology untuk menurunkan panas ruangan, hingga minim cipratan.

 

Kemudian untuk bagian interior, masjid dilapisi dengan cat Nippon Flawless dengan hasil matt yang halus, daya tutup sempurna, serta dapat dibersihkan. Tak hanya itu untuk bagian besi dan kayu pada bagian gerbang masjid juga menggunakan produk khusus berbahan dasar resin alkyd, yaitu Bee Brand dengan kelebihan tampilan akhir mengkilap, cepat kering, tahan lama, dan memiliki proteksi yang baik terhadap karat.

 

Dalam kesempatan kali ini Nippon Paint juga berkolaborasi dengan 17 Mitra Toko di kawasan Banten. Dikatakan oleh salah satu Mitra Toko yaitu Sopyan Hadi, selaku perwakilan manajemen Toko BA Bangunan “Kami sebagai Mitra Toko tentu saja sangat merespon positif atas kegiatan sosial yang dilakukan oleh Nippon Paint. Untuk itu kami juga tak ragu untuk turut berkolaborasi mendukung pengecatan beberapa masjid yang tersebar di wilayah Banten.” Sebagai Mitra Toko, dukungan yang diberikan yaitu dalam bentuk donasi Aksesoris Pengecatan.

 

Menanggapi inisiatif yang dilakukan Nippon Paint melalui pengecatan masjid, Ahmad Ali Haydhor selaku Pengurus Masjid di Masjid Al Istiqomah, Ciputat Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, mengungkapkan, “Tentu saja kami sangat senang dan berterima kasih atas bantuan pengecatan masjid kami secara gratis dari Nippon Paint. Dengan pengecatan ini, masjid kami saat ini menjadi tampak lebih bersih, dan tentunya dapat membawa kenyamanan bagi jamaah kami.”

 

Nippon Paint secara konsisten terus berkomitmen untuk melakukan kegiatan CSR pengecatan masjid di berbagai wilayah di Indonesia. Sejak tahun 2022 Nippon sudah melakukan hal tersebut dan hingga kini total masjid yang mendapatkan fasilitas pengecatan yaitu berjumlah 103 masjid.

 

 

Jakarta, 7 Maret 2024 – Ramadan menjadi momen yang sangat dinantikan umat Muslim di seluruh dunia yang mengubah suasana kehidupan dengan maknanya yang mendalam. Kesibukan sehari-hari berubah menjadi mencari ketenangan ketika Ramadan tiba.

 

Perubahan suasana di bulan yang istimewa semakin terasa tak hanya dalam aktivitas religi namun juga dapat tercipta melalui sentuhan warna baru di rumah. Di mana rumah menjadi tempat untuk merayakan momen kebersamaan, kedamaian, dan kemurahan hati.

 

Keindahan Ramadan dalam sentuhan warna baru yang membawa nuansa penuh makna ini terwujud dalam Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint dengan mengusung empat tema utama, yaitu; Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal.

 

Diungkapkan oleh Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia dalam peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 yang berlangsung di Samisara Grand Ballroom, Jakarta Selatan (7/3), “Nippon Paint Indonesia, selalu berkomitmen untuk hadirkan sentuhan warna kehidupan dalam momen Ramadan di setiap tahunnya. Tahun ini, Nippon Paint hadirkan atmosfer alam dalam momen Ramadan yang bisa menjadi pilihan menakjubkan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual.”

 

Keempat tema warna yang diluncurkan oleh Nippon Paint terinspirasi dari keindahan alam yang seirama dengan indahnya bulan suci Ramadan yang identik dengan; ‘Teduhnya Ibadah’ (Find Calm), ‘Sukacita di Hari Kemenangan’ (Find Freedom), ‘Harmoni Kebersamaan’ (Find Balance), dan ‘Kembali Murni’ (Find Renewal).

 

Mark Liew menjelaskan lebih lanjut mengenai makna di balik empat tema warna tersebut, “Untuk Find Calm kami menawarkan pilihan warna netral untuk hasil yang memberikan rasa tenang pada ruangan. Kemudian pada Find Freedom kami memberikan referensi warna-warna cerah dan ceria yang memancarkan warna kekinian dan segar. Lalu Find Balance sangat cocok bagi yang mengutamakan elegan dalam ruangan lewat pilihan warna yang seimbang. Serta Find Renewal yang menyuguhkan warna-warna hijau kebiruan dari alam bahari yang memberikan nuansa pembaharuan.”

 

Mengenai tren warna bernuansa alam, sebagaimana dikatakan oleh Grace Hartanti – Principal Designer of Grace Hartanti Design Lab, “Warna-warna alam banyak disukai, karena dapat memberikan kesan ketenangan, menghadirkan keseimbangan, mewakili kehidupan dan kesederhanaan tetapi tetap elegan. Sehingga warna-warna ini dapat memberikan rasa rileks dan kesan terbuka untuk menerima pesan-pesan spiritual dan refleksi yang disampaikan terutama selama bulan Ramadan. Warna-warna alam seringkali dikaitkan dengan kehidupan yang berkelanjutan dan siklus alam yang terus berlanjut. Dalam konteks persiapan Ramadan, ini bisa menjadi pengingat tentang pentingnya siklus ibadah dan pertumbuhan spiritual.”

 

Lalu sejauhmana penggunaan warna-warna alam pada sebuah bangunan dapat memberikan efek psikologis pada penghuninya? Grace memaparkan bahwa penggunaan warna-warna alam dalam desain interior atau eksterior bangunan tentu saja dapat membawa dampak psikologis yang signifikan terhadap penghuninya di antaranya; meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stress dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas, mengurangi rasa kelelahan, meningkatkan koneksi dengan alam sehingga dapat membantu penghuninya merasa lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitarnya.

 

“Dengan memahami dampak psikologis dari penggunaan warna-warna alam dalam desain

bangunan, arsitek dan desainer dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan

dan kenyamanan penghuninya. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan

produktivitas di dalam bangunan tersebut,” papar Grace.

 

 

Menanggapi empat tema warna yang diluncurkan oleh Nippon Paint, Aghnia Fuad, sebagai seorang  praktisi Interior Designer/Principal Designer Suasana Studio, turut memberikan pendapat profesionalnya bahwa keempat tema warna tersebut dapat saling melengkapi. “Range warna yang luas dapat memberikan banyak pilihan bagi teman-teman yang mau merenovasi rumah dengan suasana yang berbeda. Pilihan warnanya juga versatile sehingga dapat diaplikasikan di berbagai ruang dengan fungsi yang berbeda.

 

Berbicara mengenai pengaruh cat terhadap sebuah ruang, Aghnia memaparkan bahwa point penting untuk menciptakan suasana yang tepat pada suatu ruang adalah pada pemilihan warna cat. “Walaupun perbedaannya sangat tipis tapi pemilihan warna yang kurang tepat sangat berpengaruh pada hasil akhir suatu ruang,” urainya.

 

Bagi kalangan awam yang masih terkendala dalam memilih warna yang tepat untuk mengubah suasana rumah, Nippon Paint memberikan solusi melalui layanan Colour Scheme Service, yaitu layanan visualisasi warna cat pada bangunan dengan tiga alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk. “Jadi bagi Anda yang sedang bingung untuk mengkombinasikan warna menyambut Idul Fitri, bisa menggunakan layanan Colour Scheme Service ini. Lalu kami juga memiliki layanan Nippon Paint WhatsApp Care bagi Anda yang membutuhkan informasi seputar konsultasi warna, produk, sistem pengecatan bahkan hingga rekomendasi toko terdekat dan mitra tukang cat, dapat langsung menghubungi WhatsApp kami di 0811-1283-028,” jelas Mark Liew lebih detail.

 

Melalui warna-warna baru yang dihadirkan Nippon Paint dalam Tren Warna Ramadan 2024 dapat menjadi solusi bagi para pemilik rumah yang ingin menghadirkan nuansa berbeda dalam menyambut momen sarat makna di bulan yang suci ini. Mari kita sambut datangnya Ramadan dengan sentuhan warna baru!

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Tren Warna Ramadan 2024 dapat mengakses: 

www.ramadan.nipponpaint.id

 

Dapat pula mengakses akun media sosial Instagram Nippon Paint di:

@nipponpaintindo dan @colourscheme.id

Nippon Paint sebagai merek cat/pelapis No.1 di Asia, turut serta untuk berpartisipasi dalam ARCH:ID

 

Jakarta, 26 Februari 2024 – Pameran arsitektur terbesar di Indonesia yaitu ARCH:ID yang dihelat oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) kembali digelar pada 22-25 Februari 2024 lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

 

ARCH:ID merupakan acara tahunan sebagai forum dan pameran arsitektur yang berfungsi sebagai platform bagi para pelaku dan pemangku kepentingan di bidang arsitektur dan industri konstruksi. Melalui tema "Placemaking: TOLERANCE", acara ini mengajak para pemangku kepentingan, baik itu dari kalangan arsitek, perencana kota, institusi pemerintah, serta produsen/pemasok produk arsitektur dan bahan bangunan, termasuk green and sustainable products/technology untuk berpartisipasi, berkomunikasi, dan bertukar ide tentang merancang dan menciptakan ruang publik atau elemen-elemen yang inklusif dan mendorong interaksi sosial, menghormati keragaman budaya, serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya toleransi di antara berbagai komunitas atau kelompok masyarakat.

 

Merespon positif hal itu, Nippon Paint sebagai merek cat/pelapis No.1 di Asia*, turut serta untuk berpartisipasi dalam ARCH:ID salah satunya yaitu dengan menghadirkan nuansa alam di booth-nya melalui Trend Beyond Colours (TBC) sebagai inspirasi untuk tren warna dan desain di tahun 2024/25.

 

Dikatakan oleh Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, “Penyelenggaraan ARCH:ID sebagai pameran arsitektur terbesar di Indonesia dengan mengusung tema tahun ini yaitu ‘Placemaking: TOLERANCE’ sejalan dengan apa yang menjadi visi Nippon Paint dalam mendukung arsitektur yang berkelanjutan.”

 

Dukungan Nippon Paint dalam arsitektur berkelanjutan juga telah lama digaungkan secara konsisten dalam setiap penyelenggaraan kompetisi desain internasional seperti Asia Young Designer Awards ataupun Creative Colour Awards (CCA), yang berfokus tak hanya pada inovasi warna melalui cat/pelapis pada bangunan namun juga sejauhmana dapat memberikan dampak positif pada lingkungkan yang berkelanjutan.

 

Linda Kam lebih lanjut menjelaskan mengapa Nippon Paint menghadirkan nuansa warna-warna alam dalam booth di ARCH:ID, “Tema-tema yang berkaitan dengan lingkungan, alam, telah menjadi titik perhatian kami sejak lama. Termasuk dalam pameran ARCH:ID kali ini kami mengangkat nuansa yang lekat dengan alam, sesuai dengan tren warna yang kami luncurkan di tahun 2024. Di mana melalui nuansa alam ini kita dapat memulai babak baru dengan menemukan kembali ketenangan, keindahan dalam harmoni, kekuatan dalam pembaharuan, dan kegembiraan dalam diri. Nippon Paint mendorong Anda untuk memulai hari baru dan melangkah maju dengan penuh optimisme.”

 

Dalam penyelenggaraannya, ARCH:ID tidak hanya menampilkan pameran dan konferensi kelas dunia, tetapi juga menyajikan berbagai program seperti Talk Series sebagai ajang bagi para profesional/praktisi, brand, dan para stakeholder untuk berbagi informasi, membahas isu-isu terhangat, diskusi mengenai produk, jasa, dan teknologi terkini.

 

 

Termasuk Nippon Paint yang mendapat kesempatan dalam Talk Series untuk berbagi informasi mengenai tren warna 2024 dan kompetisi Creative Colour Awards. Seperti dikemukakan oleh Windy Sekar, selaku Marketing Public Relations Manager Nippon Paint Indonesia, kala didapuk sebagai pembicara dalam Talk Series, “Nippon Paint membuka kesempatan bagi para praktisi arsitek dan desainer interior untuk mengikuti Creative Colour Awards (CCA), yaitu sebuah ajang kompetisi internasional yang dipersembahkan oleh Nippon Paint yang berfokus dalam penggunaan serta inovasi warna melalui cat/pelapis pada bangunan rancangannya.”

 

 

Lebih lanjut Windy memaparkan bahwa pendaftaran CCA 2023/24 telah dibuka sejak November 2023 dan akan ditutup pada 12 April 2024. Dalam CCA terdapat beberapa kategori yang bisa diikutkan yaitu; Corporate & Commercial Exterior, Residential Exterior, Corporate & Commercial Interior, serta Public Spaces. Selain itu untuk pendaftaran CCA tahun 2023/24, proyek sudah harus selesai antara Januari 2021 sampai 28 Februari 2023.

 

Pada CCA periode lalu, finalis dari Indonesia, Yuli Kalson Sagala dari KsAD Architects berhasil memenangkan penghargaan sebagai pemenang utama dalam kategori Architectural - Corporate & Commercial Exterior dengan karyanya dalam rancangan project Ciputra Kasih Semarang School, Jawa Tengah.

 

“Melalui CCA ini Nippon Paint terus berupaya untuk memperluas jangkauan apresiasi kepada insan arsitek dan desainer interior. Untuk itu, besar harapan kami di tahun ini jumlah partisipan, khususnya dari Indonesia lebih meningkat lagi dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sehingga peluang memenangkan kompetisi ini pun semakin besar,” pungkas Windy.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Creative Colour Awards dapat mengakses: Creative Colour Awards

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Trend Beyond Colours dapat mengakses: Colour Trends Nippon Paint

Grand Finals AYDA Awards 2023/24

 

Jakarta, 10 Februari 2024 – Semangat berkompetisi para peserta AYDA Awards 2023/24 tampak memenuhi ruang penjurian yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat yang diselenggarakan pada Rabu, 7 Februari 2024. Sebanyak 10 orang finalis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, berlomba mempresentasikan karya desain mereka.

 

Penyelenggaraan AYDA Awards kali ini telah memasuki tahun ke-16 dan menjadi ajang kompetisi desain tingkat internasional yang bekerjasama dengan para profesional industri arsitektur dan desain interior, sebagai platform mengembangkan kapabilitas bagi para desainer muda dan ajang networking agar mampu bersaing di tingkat global.

 

Ramdhan Effendi, Sr. Project Sales Manager Nippon Paint Indonesia, mengungkapkan kekagumannya pada para finalis , “Melihat tingginya antusiasme dan semangat berkompetisi para peserta yang merupakan calon arsitek dan desainer interior muda Indonesia, membuat kami sebagai inisiator AYDA Awards, menjadi semakin yakin untuk terus mengapresiasi dan mendukung penuh dalam memberikan ruang serta membuka kesempatan bagi talenta muda berbakat Indonesia dalam berkarya.”

 

Berbeda dengan tahun sebelumnya, AYDA Awards 2023/24 mengusung tema ‘Converge: Championing Purposeful Designs’. Ketika kebanyakan desain bersifat komersil, desainer muda melalui tema AYDA Awards ini ditantang untuk membuat desain yang lebih mendalam mengenai pengembangan masyarakat yang belum teratasi masalahnya.

 

“Melalui tema tahun ini kami ingin mendorong para desainer muda untuk menggabungkan kreativitas dalam mendesain dengan isu global yang sedang diperjuangkan. Tujuan akhir dari karya ini adalah untuk membangun harapan bagi masyarakat yang membutuhkan solusi dan membantu perkembangan masyarakat melalui desain,” Ramdhan menambahkan.

 

AYDA Awards telah diadakan di 16 negara di Asia, dan diikuti lebih dari 1200 institusi pendidikan, serta memperoleh lebih dari 45.000 karya dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

 

Gold Winner dari kategori Arsitektur, Kelvin dari Universitas Sumatera Utara dengan karya UNCHAIN.

 

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, pada Grand Finals AYDA Awards 2023/24, Gold Winner berhasil dimenangkan oleh dua mahasiswa terbaik. Untuk kategori Arsitektur dimenangkan oleh Kelvin dari Universitas Sumatera Utara dengan karya UNCHAIN dan untuk kategori Desain Interior  dimenangkan oleh  Alifiah Azzahrah dari Telkom University dengan karya PAYABO HOUSE.

 

Gold Winner dari kategori Desain Interior, Alifiah Azzahrah dari Telkom University dengan karya PAYABO HOUSE

 

Bagi pemenang utama, AYDA memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp 20 juta, kesempatan magang, serta mewakili Indonesia dalam ajang AYDA International Summit 2024 di Chennai, India pada 3-5 Juli 2024 untuk memperebutkan gelar Asia Young Designer of The Year dan berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai USD 10,000 di Harvard Graduate School of Design bagi peraih Gold Award.

 

Sebagai peraih Gold Winner dari kategori Arsitektur, Kelvin dari Universitas Sumatera Utara, mengungkapkan kegembiraannya. “Saya sangat gembira dan juga bangga karena telah membawa nama baik kampus dan juga menunjukkan hasil kerja keras, tak hanya saya sendiri namun juga bapak dan ibu dosen serta teman-teman yang telah mendukung sehingga karya kami dapat meraih penghargaan. Terima kasih kepada Nippon Paint yang telah memberi kesempatan berkompetisi dalam ajang AYDA Awards ini,” ungkap Kelvin.

 

Rasa gembira dan bangga juga dirasakan oleh Alifiah Azzahrah dari Telkom University sebagai peraih Gold Winner dari kategori Desain Interior. “Saya sangat bangga dan terharu karena berhasil menyabet penghargaan sebagai Gold Winner dari Desain Interior. Semoga karya kami ini dapat membawa manfaat bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Terima kasih Nippon Paint atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikan.”

 

Sementara itu, salah satu Dewan Juri dari kategori Desain Interior, yaitu Grace Hartanti, Founder of Grace Hartanti Design Lab, turut mengapresiasi para finalis. “Ajang kompetisi bagi calon-calon desainer muda seperti ini tentu perlu terus didukung sehingga menjadi sebuah wadah positif dalam mengembangkan bakat-bakat luar biasa yang tersembunyi. Terlebih lagi nantinya mereka juga akan berkesempatan untuk unjuk gigi di kancah internasional, bersaing dengan negara-negara lain di Asia. Saya yakin karya anak Indonesia sangat mampu bersaing secara global,” tandas Grace.

 

Selain itu, Nippon Paint juga membuka kompetisi Creative Colour Awards (CCA) yang baru diluncurkan pada akhir tahun 2022 lalu. Kompetisi ini dipersembahkan untuk para praktisi Arsitek dan Desainer Interior Profesional. “Selain AYDA yang menjadi inisiasi kami untuk para calon arsitek dan desainer interior, Creative Colour Awards merupakan salah satu bentuk dukungan kami untuk mengapresiasi rancangan-rancangan dari para praktisi profesional. Untuk tahun ini, batas pendaftaran kompetisi masih terbuka hingga 12 April 2024. Dengan demikian masih terbuka kesempatan untuk bersaing dengan arsitek dan desainer interior dari negara lain yang juga turut serta berkompetisi dalam CCA,” pungkas Ramdhan.

 

Jakarta, 26 Januari 2024 – Memasuki tahun ke-16 penyelenggaraan Asia Young Designer Awards (AYDA Awards), respon dan antusiasme sangat tinggi dari para peserta kompetisi calon arsitek dan desainer interior muda Indonesia. Hal itu terlihat dari banyaknya hasil karya yang masuk berjumlah 349 (non-duplikasi) dan telah memasuki babak TOP 5 FINAL.


AYDA Awards, kompetisi desain tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Nippon Paint yang bekerjasama dengan para profesional industri arsitektur dan desain interior, sebagai platform mengembangkan kapabilitas bagi para desainer muda dan ajang networking agar mampu bersaing di tingkat global.


Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Sebelum memasuki babak final, para desainer muda dibekali wawasan dan diberikan sesi bimbingan secara langsung oleh para desainer profesional. Setiap tahun, Nippon Paint Indonesia mengirimkan satu perwakilan dari kategori Arsitektur dan Desain Interior untuk bersaing dengan 15 negara lainnya pada ajang AYDA International Summit di Chennai, India pada 3-5 Juli 2024 untuk memperebutkan gelar Asia Young Designer of The Year.”


Sebagai persiapan menuju Grand Finals AYDA Indonesia 2023/24 pada 7 Februari 2024 di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Nippon Paint telah mengadakan coaching session (sesi bimbingan dan pelatihan) dimana para finalis melalui one on one coaching dan mentoring dengan para juri AYDA yang merupakan expert di bidang Arsitektur maupun Desain Interior. “Selain coaching session, peserta juga mendapatkan public speaking class untuk berlatih presentasi dan di depan umum,” Linda Kam menambahkan.

 

Sementara itu, diungkapkan oleh salah satu finalis, Darwis Jayadi, mahasiswa Desain Interior dari Universitas Bina Nusantara, “Kompetisi ini sangat menantang mulai dari proses membuat maket, materi presentasi, hingga pada akhirnya saya lolos menuju babak final untuk mengikuti coaching session bersama para finalis lainnya,” paparnya.

 

 

Dalam coaching session yang berlangsung pada 10 Januari 2024 lalu, Darwis pun merasa sangat bangga dan bersyukur karena berkesempatan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman, serta mendapatkan koneksi dengan para juri, praktisi, serta teman baru.
Setelah melalui proses seleksi dan penjurian, dari total 349 partisipan telah terseleksi lima orang finalis dari masing-masing kategori, yaitu:

TOP 5 Finalis Kategori Arsitektur AYDA Awards Indonesia 2023/24:
1. Rakha Efriza - Institut Teknologi Sumatera
2. M. Fajri Azwar Nurbangsa - Institut Teknologi Sumatera
3. Bima Juliansyah - Universitas Brawijaya
4. Fihir Alkautsar - UPN Veteran Jawa Timur
5. Kelvin - Universitas Sumatera Utara


TOP 5 Finalis Kategori Desain Interior AYDA Awards Indonesia 2023/24:
1. Darwis Jayadi - Universitas Bina Nusantara
2. Alifiah Azzahrah - Telkom University
3. Ni Luh Made Adelia Meysa Putri - Institut Desain & Bisnis Bali
4. Jesscia Graciella Christy - Universitas Pelita Harapan
5. Andi Pricilia Yunita - Universitas Ciputra Surabaya


Adapun para juri yang berkolaborasi bersama Nippon Paint dalam penyelenggaran AYDA Awards:


Juri Kategori Arsitektur AYDA Indonesia Awards 2023/24:
1. Anto Sudaryanto - Spinindo Mitradaya
2. E. Ary Witjaksono - PT. Airmas Asri
3. Henrico Nasroen - Arkonin
4. Joe Willendra - W Office


Juri Kategori Desain Interior AYDA Indonesia Awards 2023/24:
1. Aghnia Fuad - Suasana Studio
2. Chrisye Octaviani - Bitte Design Studio
3. Grace Hartanti - Grace Hartanti Design Lab
4. Ibam Arafi - D&B Consultant

 

 

Melihat tingginya antusiasme peserta, salah satu Dewan Juri dari kategori Arsitektur, yaitu Henrico Nasroen, Head Division of Marketing (Architect) Arkonin, mengungkapkan rasa kagumnya dengan semangat berkompetisi para calon desainer muda Indonesia. “Saya bangga melihat semangat yang sangat tinggi dari para peserta dalam menghasilkan sebuah karya desain yang luar biasa. Tentu saja hal seperti ini perlu diapresiasi dan mendapat dukungan dari berbagai pihak,” tandas Henrico.


Menanggapi hal itu Linda Kam menekankan bahwa Nippon Paint akan terus berupaya memberikan dukungan bagi para insan muda dalam dunia Arsitektur dan Desain Interior, salah satunya melalui ajang kompetisi AYDA Awards yang diharapkan dapat menjadi wadah dalam berkreasi dan mengukir prestasi bagi talenta-talenta berbakat Indonesia.

Our Clients

Nippon Paint
Grand Central Bogor
Envy
Adhi Persada Properti
Eastern Green
Cisauk Point
Adhi Sentul
Kementerian Agraria dan Tata Ruang
LRT City Jatibening
MYDIO Musictainement
Adhi Commuter Properti
Nacific
PT Chitose Internasional Tbk
MR REALITY - Moriah & Reign

Head Office

The UNION PR Consultant & Event Management
Satrio Space - Satrio Tower Lantai 16, Mega Kuningan, Jl. Prof. DR. Satrio C4, Jl. Kuningan Barat Raya, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, DKI Jakarta 12950,
Jakarta, 12760,
Indonesia