Loading...

Jakarta, 17 November 2023 – NIPPON PAINT sebagai merek cat/pelapis No.1 di Asia*, kembali menghadirkan Trend Beyond Colours (TBC) dengan tema AWAKEN sebagai inspirasi untuk tren warna dan desain di tahun 2024/25. Tema Awaken ini diartikan sebagai gerakan kolektif untuk membantu kita siap menemukan kekuatan, ketenangan, keindahan, serta semangat berekspresi.  

 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint mengatakan, “Melalui AWAKEN, kita memulai babak baru dengan menemukan kembali ketenangan, keindahan dalam harmoni, kekuatan dalam pembaharuan, dan kegembiraan dalam diri. Nippon Paint mendorong Anda untuk memulai hari baru dan melangkah maju dengan penuh optimisme.”

AWAKEN merupakan kelanjutan dari tema RESET yang sebelumnya merupakan tema Trend Beyond Colours 2022/23. Tema ini berakar dari keinginan untuk memulai kembali setelah pandemi, berusaha memasuki fase baru dalam hidup. Sedangkan Awaken bertujuan untuk memperkenalkan perspektif baru dan menciptakan pengalaman yang bebas dari pasca pandemi.

 

Seperti diungkapkan oleh Aghnia Fuad, Principal Designer Suasana Studio, “Tahun 2024 tren warna interior semarak dengan suasana optimisme, hangat, suka cita dan ketenangan. Warna hangat dan membumi seperti warna krem, kuning kecoklatan, merah tanah dengan sentuhan kuning tua, hijau, dan biru akan meramaikan tahun 2024-2025.”

 

Trend Beyond Colours sebagai tren warna global merupakan hasil kolaborasi antara NIPPON PAINT dengan COLOUR HIVE, agensi kreatif yang berpusat di London, Inggris, dengan pengalaman 20 tahun dalam memprediksi tren, warna, dan material. Tren ini dipersembahkan untuk menjadi inspirasi bagi pemilik rumah serta para profesional seperti desainer interior, arsitek, dan developer.

 

Dalam TREND BEYOND COLOURS 2024/25 dengan tema AWAKEN terdapat 4 sub-tema, yaitu:

  1. FIND CALM – Waktu Tenang. Warna utama Tavern Buff NP N 1867 P. Dalam dunia yang penuh kesibukan dan perubahan, setiap individu mencari lingkungan yang tenang untuk melepaskan diri dari kebisingan dan menemukan inner peace. Warna TAVERN BUFF NP N 1867 P yang netral dan lembut, menciptakan suasana hangat yang dapat menenangkan jiwa.
  2. FIND FREEDOM – Mengekspresikan Diri. Warna utama Mayan Yellow NP YO 2529 A. Warna MAYAN YELLOW NP YO 2529 A memancarkan aura positif dan kebebasan dalam berekspresi. Membuat suasana ruangan menjadi cerah serta menginspirasi kreativitas dan meningkatkan suasana hati.
  3. FIND RENEWAL – Pembaruan dan Penyembuhan. Warna utama Set Sail NP BGG 1595 T. Ketenangan berfokus pada alam yang hijau serta air yang mengalir, tema Find Renewal yang terinspirasi dari pembaruan dan penyembuhan menghadirkan warna SET SAIL NP BGG 1595 T bagaikan warna air laut yang memberikan kesegaran serta membangkitkan semangat.
  4. FIND BALANCE – Harmoni yang Sempurna. Warna utama Standish Rose NP R 1374 P. Tema Find Balance terinspirasi dari pola yang ditemukan pada cangkang kerang, bunga, dan sarang lebah yang indah dan tak lekang oleh waktu. Warna STANDISH ROSE NP R 1374 P yang elegan membuat suasana menjadi hangat, tenang, serta memberikan keseimbangan pada ruang manapun.

 

Mark Liew menyampaikan, “Melalui empat sub-tema dalam tren warna yang kami luncurkan, keutamaannya adalah bagaimana warna-warna ini dapat menciptakan nuansa ruangan dengan vibes yang lebih positif, semangat pembaruan, lebih segar, mengekspresikan kegembiraan, menimbulkan ketenangan, dan juga keseimbangan harmoni.”

 

Melihat tren warna dan desain dari Nippon Paint, Aghnia Fuad menanggapi, “Warna-warna yang dihadirkan dalam Trend Beyond Colours 2024/25 menjadi kombinasi warna yang sangat apik, sangat mewakili optimisme dan ketenangan yang akan menjadi kata kunci di tahun mendatang. Kombinasi warna yang harmonis sangat memudahkan pengguna dan desainer untuk memilih warna dan aplikasinya di interior.”

 

Aghnia Fuad kembali menambahkan, “Tema Balance dan Calm akan menjadi favorit untuk spot interior hunian pribadi, saat sedang berada di rumah kita pasti mencari ketenangan dan yang tak lekang oleh waktu. Sedangkan Freedom dan Renewal akan sering kita jumpai di interior area publik seperti retail dan perkantoran yang membutuhkan high spirit, extra energy yang bisa menyemangati kita dalam berkegiatan. Semua tren warna dan desain ini sangat relevan untuk diaplikasikan di Indonesia.

 

Dengan dirilisnya Trend Beyond Colours 2024/25, Mark Liew berharap, “Semoga Nippon Paint dapat terdepan menjadi inspirasi desain dan warna untuk masyarakat Indonesia dan katalog Trend Beyond Colours (TBC) 2024/25 dapat bebas diunduh pada https://colourtrends.nipponpaint.com/

 

*Sumber: 2023 top 30 Asia Pacific Coatings Companies

 

 

Jakarta, 23 Oktober 2023 – Sebagai negara tropis dengan dua musim, Indonesia kerap kali dihadapkan pada terik matahari saat kemarau, atau sebaliknya lembap di musim hujan. Akibat paparan cuaca ekstrem, alhasil seringkali lapisan cat tembok eksterior pudar, terkelupas, berkapur, berjamur, dan berbagai masalah lainnya.

 

Melihat kompleksnya persoalan yang dijumpai pada eksterior bangunan di Indonesia, NIPPON PAINT meluncurkan produk inovatif: Weatherbond Max sebagai rangkaian dari Weatherbond Series dengan Quartz Technology yang terbaik di kelasnya untuk tembok eksterior iklim ekstrem tropis.

 

Diungkapkan oleh General Manager (TU Division) Nippon Paint, Mark Liew saat peluncuran Weatherbond Max, di Pullman Jakarta Central Park, Jakarta Barat, Sabtu 21 Oktober 2023, “Melalui Quartz Technology, yaitu microcrystalline quartz minerals akan membentuk lapisan cat lebih tebal, lebih kuat, dengan ketahanan maksimal untuk melindungi dinding eksterior Anda.”

 

Mark Liew menjelaskan lebih lagi bahwa Weatherbond Max memiliki keunggulan yang membuat bangunan eksterior menjadi semakin tangguh, antara lain:

  • Keep Clean Technology – tembok tetap bebas dari kotoran, efflorescence, hujam asam
  • Micro Block Technology – anti jamur dan lumut
  • Colour Care Technology – perlindungan dari warna pudar dan pengapuran
  • Sunblock Technology – menurunkan suhu hingga 5 derajat Celcius
  • Good Paint Transfer – lapisan cat lebih tebal sehingga daya tutup sempurna dan minimal cipratan
  • Perlindungan lebih dari 8 Tahun

Raffi Ahmad sebagai salah satu influencer yang sebelumnya telah menggunakan seri Weatherbond Solareflect mengatakan, “Weatherbond menjadi salah satu produk eksterior favorit saya karena cat ini bisa lindungi permukaan dinding luar dari cuaca ekstrem, tidak mudah pudar dan yang paling penting di tengah kondisi panasnya Jakarta, produk ini mampu mengurangi suhu permukaan sampai 5° Celcius, bikin rumah jadi sejuk dan hemat energi pastinya, karena kita nggak perlu terus-terusan nyalakan AC di rumah.”

 

Dalam kesempatan yang sama, Nippon Paint juga memberi apresiasi kepada para Mitra Toko melalui penyelenggaraan acara khusus Nippon Paint Dealers’ Nite bertema Magical Nights dengan konsep negeri 1001 malam yang dihadirkan guna menghibur para undangan.

 

Dikatakan oleh Natalia pemilik toko Budy Jaya Kelapa Gading, “Merupakan suatu kebanggaan bagi kami sebagai mitra toko di area Jakarta untuk mengikuti Dealer’s Nite yang diselenggarakan oleh Nippon Paint. Terlebih dengan peluncuran produk Weatherbond Max yang menjadi salah satu bentuk dukungan Nippon Paint untuk mitra toko dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia yang beriklim tropis. Saya yakin produk akan laku di segmen ultra-premium!”

 

Natalia menambahkan, “Dengan peluncuran produk baru ini, kami sebagai mitra toko semakin yakin bahwa produk yang dikembangkan oleh Nippon Paint adalah terbaik di kelasnya. Semoga ke depannya Nippon Paint dapat terus berinovasi untuk dapat menjawab kebutuhan para pelanggan.”

 

Selain peluncuran produk, untuk memudahkan para Mitra Toko dalam berbisnis, Nippon Paint menyediakan aplikasi ‘Customer Connect’ di mana melalui aplikasi ini Mitra Toko dapat lebih mudah mengatur pemesanan, pembayaran, stok produk, mengakses marketing collateral, hingga mengecek pengiriman, semua kemudahan berbisnis Mitra Toko Nippon Paint tersedia dalam satu aplikasi.

 

 

 

Ke depannya, Mark Liew menandaskan, Besar harapan kami, dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan, jalinan kerja sama dengan Mitra Toko yang semakin erat dapat menjadikan Nippon Paint sebagai referensi produk cat nomor 1 di hati para konsumen Indonesia.”

Nippon Paint Indonesia Merayakan Hari Jadi Ke-54, Hadirkan Tema “We are Inspired by You”)

 

 

Jakarta, 19 September 2023 – Nippon Paint Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-54 tahun dengan tema ”We are Inspired by You” yang bermakna “Kehadiran Nippon Paint selama 54 tahun di Indonesia, terinspirasi dari dedikasi seluruh pihak terutama karyawan/ti Nippon Paint Indonesia”.

 

Kesuksesan Nippon Paint selama 54 tahun ini didukung oleh banyak faktor, seperti kekuatan jalur distribusi di 76 kota, jaringan bisnis dengan lebih 40.000 mitra toko. Tak lupa, dukungan utama Nippon Paint juga datang dari lebih 7000 pegawai. ”Kesuksesan perusahaan tidak bisa lepas dari peran karyawan/ti adalah sebuah realitas dan fundamental untuk eksistensi kami hingga saat ini,” ungkap General Manager (TU Division) Nippon Paint, Mark Liew saat perayaan HUT ke-54 Nippon Paint di Head Office Nippon Paint Indonesia, Jakarta Utara (19/9/2023).

 

Mark Liew melanjutkan, ”Kami merasa sangat bangga atas dedikasi dan komitmen dari seluruh karyawan/ti yang berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan ini. Terlebih pada karyawan/ti dengan masa bakti lebih dari 30 tahun, kami memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap sinergi antar SDM dengan eksistensi Nippon Paint selama 54 tahun di Indonesia. Semoga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi bagi karyawan/ti lain untuk memberikan kinerja terbaiknya bagi Nippon Paint Indonesia.”

 

Jaenuddin, Motorcycle Production Assistant Manager mengatakan, ”Saya sudah bergabung di Nippon Paint sejak tahun 1987, itu artinya sudah 36 tahun saya mengabdi pada perusahaan ini. Banyak pelajaran dan nilai yang saya dapatkan sejak awal menimba ilmu sebagai staf di bagian otomotif hingga saat ini diberikan amanah sebagai Production Assistant Manager.”

 

Menurut Jaenuddin, bulan September selalu menjadi momen penting bagi hidupnya. Mengingat sudah puluhan tahun Jaenuddin atau yang kerap disapa ”Pak Jejen” ini telah mengabdi pada Nippon Paint Indonesia. Jaenuddin pun mengaku, bahwa selama bekerja di perusahaan ini, ia bisa menafkahi anak dan istrinya hingga menyekolahkan 2 anaknya ke jenjang pendidikan tinggi.

 

Jaenuddin merupakan salah satu karyawan yang menerima penghargaan dari perusahaan atas dedikasinya pada perusahaan selama lebih dari 30 tahun. Seremoni pemberian penghargaan juga digelar di masing-masing kantor cabang di mana karyawan tersebut ditempatkan. Sebagai tambahan informasi, Nippon Indonesia saat ini memiliki 7619 karyawan yang tersebar di 76 kota Indonesia dan akan terus bertambah.

 

Sejak 1969 hadir di Indonesia, Nippon Paint terus berkembang menjadi perusahaan cat dan pelapis terdepan yang memberikan kontribusi pada pengembangan masyarakat dengan menciptakan produk dan pelayanan yang inovatif. Terbukti di Semester Pertama 2023, Nippon Paint telah meluncurkan 18 produk mulai dari cat tekstur, cat semprot, duco, peralatan cat, hingga semen 2 komponen anti-bocor.

 

Dengan berbagai inovasi yang dikembangkan oleh Nippon Paint selama 54 tahun di Indonesia, membuat kebutuhan produk yang ditawarkan pun semakin beragam. Untuk memenuhi permintaan pasar, Nippon Paint diperkuat dengan sejumlah pabrik yang berlokasi di Jakarta, Purwakarta dan Gresik dengan kapasitas produksi mencapai 2,3 miliar liter per tahun. Dari Januari hingga Juli 2023 ini, Nippon Paint juga telah mencatatkan pertumbuhan sales hingga double digit dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

 

”Nippon Paint Indonesia dapat mencapai usia yang ke-54 tahun ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat kami syukuri. Berkat usaha, kerja keras, dan juga kerja sama dengan berbagai pihak dapat menghantarkan kami sampai di titik ini. Semoga kedepannya Nippon Paint dapat berkembang lebih inovatif lagi dan semakin menjadi merek terpercaya di hati masyarakat Indonesia.,” harap Mark dengan optimis.

 

Jakarta, 19 Agustus 2023 – Melihat besarnya peranan tukang cat dalam industri konstruksi Indonesia, Nippon Paint kembali menggelar kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia. Kompetisi yang telah diinisiasi sejak 2022 ini merupakan program pencarian tukang terbagus yang akan mendapatkan pelatihan sistem pengecatan dari Nippon Paint agar dapat meningkatkan kompetensi serta meningkatkan daya saing para pekerja di bidang konstruksi.

 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Tukang dan mandor menjadi salah satu mitra yang hingga 54 tahun telah mendukung keberadaan Nippon Paint di Indonesia. Maka dari itu, kompetisi Tukang Cat Bagus diselenggarakan sebagai apresiasi dari kami guna meningkatkan  kompetensi sumber daya manusia di bidang konstruksi.”

 

Berkolaborasi dengan Raffi Ahmad, Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2 diikuti oleh 1,147 tukang dan mandor dari seluruh Indonesia. Setelah melalui tahap submission dan beberapa tahap penjurian, terdapat enam finalis yang berhasil melaju ke babak final yaitu;  Iqbal Maulana dan Faulur Rozi dari Pamekasan - Madura, Sarito dan Muhammad Amin dari Palangkaraya - Kalimantan Tengah, Yopi Yulia dari Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam dan Rayuwanto dari Malang - Jawa Timur.

 

Di babak final ini, selain mengikuti pelatihan sebagai aplikator cat dengan Nippon Paint Indonesia dan mengecat seluruh Kantor HomeRans Andara, para finalis juga ditantang untuk mengecat dinding ruangan yang ada di area kediaman Raffi Ahmad yang berlokasi di Green Andara Residences, Cinere, Depok, Jawa Barat. Dengan berbagai kreativitas pengaplikasian cat menggunakan Vinilex Series dari Nippon Paint, para finalis juga ditantang untuk dapat menyelesaikannya dalam waktu 25 menit. Pada kompetisi ini, Nippon Paint melakukan penilaian berdasarkan teknik pengecatan, kecepatan, kerapihan, pemilihan kombinasi warna, hingga kreativitas pola.

 

Sebagai pihak yang turut terlibat dalam kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2, Raffi Ahmad memberikan respon positif terhadap program tersebut. “Saya salut melihat tingginya antusiasme para pekerja konstruksi dalam kompetisi yang digagas oleh Nippon Paint ini. Karena artinya program-program seperti ini memang dibutuhkan sehingga mereka dapat meningkatkan skill, kualitas yang dihasilkan, yang nantinya tentu saja diharapkan dapat berpengaruh pada peningkatan pendapatan mereka,” ujar Raffi saat menjadi host dalam sesi final Kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2 yang disiarkan secara langsung melalui channel Youtube RANS Entertainment miliknya dan Youtube Channel Vidio, pada Sabtu, 19 Agustus 2023, dimulai pukul 12.30 WIB.

 

Sebagai pemilik rumah yang sering melakukan repainting dan membangun rumah, Raffi memandang bahwa tingkat kemampuan tukang atau mandor yang bertugas melakukan pengecatan pada area dinding, akan sangat memengaruhi kualitas hasil akhir rumah tersebut. Tak hanya itu, pengetahuan yang dimiliki tentang pemilihan produk cat dan cara tepat mengaplikasikannya dapat mengurangi risiko terjadinya permasalahan dalam pengecatan.

 

Sementara itu,  salah seorang pemenang utama dalam kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2, Yopi Yulia mengungkapkan kegembiraannya, “Program untuk meningkatkan skill seperti yang diselenggarakan oleh Nippon Paint ini sangat dibutuhkan oleh kami sebagai tukang dan mandor karena semakin beragamnya permintaan konsumen. Jadi kami sangat antusias dan senang mengikuti kompetisi ini dengan banyaknya berbagai ilmu baru yang kami dapatkan melalui pelatihan-pelatihan sistem pengecatan dari Nippon Paint.”

 

Yopi Yulia yang berasal dari Banda Aceh - Nanggroe Aceh Darussalam dan Rayuwanto dari Malang - Jawa Timur berhasil menjadi pemenang utama dalam kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia season 2. Keduanya masing-masing mendapatkan apresiasi dari Nippon Paint berupa 20 gram logam mulia. Untuk empat finalis lainnya yang menjadi juara favorit mendapatkan 5 gram logam mulia, yaitu; Iqbal Maulana dan Faulur Rozi dari Pamekasan - Madura, Sarito dan Muhammad Amin dari Palangkaraya - Kalimantan Tengah.

 

Untuk mengetahui lebih detail mengenai keseruan kompetisi Vinilex Tukang Cat Bagus Indonesia Season 2 bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina di HomeRans Andara, dapat mengakses link Rans Entertainment berikut: https://www.youtube.com/live/77ksVAjWS7k?feature=share  

 

Selain Kompetisi Tukang Cat Bagus Indonesia, sejak 2016 Nippon Paint telah melakukan pelatihan kepada para mandor dan tukang melalui Painters Gathering. Setiap tahun setidaknya ada 25.000 lebih tukang dan mandor yang mengikuti kegiatan ini. Bahkan di 2018, Nippon Paint berhasil memecahkan rekor MURI untuk Pelatihan Tukang Cat Serentak Terbanyak di Indonesia.

Nippon Paint Persembahkan 243.490 Liter Cat untuk 24.349 Gapura di Seluruh Indonesia

Jakarta, 12 Agustus 2023 – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen yang paling dinanti-nantikan oleh Bangsa Indonesia. Momen ini merupakan sebuah momentum penggerak seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong, melaju bersama, menggelorakan semangat perjuangan.


Menjadi bagian dalam menggaungkan semangat kebersamaan dan gotong royong dalam menyambut perayaan akbar Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Nippon Paint Indonesia kembali menginisiasi pengecatan Gapura Merah Putih. Sebuah program CSR tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2016.


Mark Liew, General Manager – TU Division Nippon Paint Indonesia, mengungkapkan, “Nippon Paint telah berkomitmen untuk terus mendukung pelestarian budaya Indonesia dalam program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives berupa program pengecatan Gapura Merah Putih. Sebagai langkah nyata dari komitmen dan dukungan kami dalam sinergi besar tersebut, maka kami melibatkan karyawan/ti, mitra bisnis, dan masyarakat Indonesia untuk turut andil dalam perayaan kemerdekaan RI melalui program Gapura Merah Putih 2023.”


Di tahun ini, Nippon Paint telah mendonasikan 243.490 liter cat untuk 24.349 gapura di seluruh Indonesia menggunakan produk Nippon Weatherbond Solareflect dengan kode warna Merah Merdeka 1945 dan Brilliant White 1001/ Putih Bersih yang diformulasikan khusus oleh tim Nippon Paint dengan kode pantone standar internasional bendera Indonesia. “Seluruh Gapura yang dicat dengan warna merah dan putih ini akan sama dari sabang sampai merauke, karena Nippon Paint berikan garansi 100% warna akurat dan konsisten”, tambah Mark.


CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives pengecatan Gapura Merah Putih juga selaras dengan 5 dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan PBB, yakni kehidupan sehat dan sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan, kota dan permukiman ramah lingkungan.


Dalam sinergi dan kolaborasi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, salah satu partisipan Gapura Merah Putih 2023 yang telah dicat dengan nuansa Merah Putih adalah Gapura Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Seperti dikatakan oleh Simon Makarios Aruan, S.IP., M.Si., M.H. selaku Kepala Bagian Umum Sekretariat Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, pada saat seremoni kegiatan Gapura Merah Putih, Sabtu, 12 Agustus 2023, “Program CSR dari Nippon Paint ini selaras dengan nilai-nilai pemerintahan RI khususnya kami sebagai bagian dari Kementerian Dalam Negeri yang turut membina persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Tentu, kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan positif Gapura Merah Putih, sehingga dapat mendukung masyarakat lewat semangat gotong royong. Selain memberikan nuansa yang hangat akan nilai-nilai perjuangan dan persatuan, juga diharapkan dapat menjadi pendorong eratnya kekompakan antar warga. Sebuah kontribusi yang berdampak positif dan berkelanjutan.”


Berkat komitmen, dukungan, serta upaya yang dilakukan dalam program CSR Gapura Merah Putih, maka Nippon Paint Indonesia kembali memecahkan rekor ke-4 dan dianugerahi penghargaan dari Museum Rekor - Dunia Indonesia (MURI) dalam kategori Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak.


Piagam penghargaan rekor MURI diserahkan langsung oleh Osmar Semesta Susilo, Wakil Direktur Utama MURI kepada Mark Liew, General Manager – TU Division Nippon Paint Indonesia. Dalam kesempatan ini Osmar menyampaikan selamat kepada Nippon Paint atas rekor yang telah dipecahkan. “Museum Rekor - Dunia Indonesia dengan bangga memberikan piagam penghargaan atas rekor ke-4 untuk Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak. Selamat kepada Nippon Paint atas rekor yang telah dipecahkan melalui pengecatan 24,349 Gapura di Indonesia. Semoga kedepannya melalui program-program CSR seperti Gapura Merah Putih ini dapat menjangkau lebih banyak lagi wilayah-wilayah lain di Indonesia sehingga semakin memberikan dampak positif terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.”


Dengan terpecahkannya rekor MURI ke-4 sebagai Pengecatan Gapura Merah Putih Terbanyak, Mark Liew mengucapkan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada semua masyarakat yang telah berkontribusi dan mendukung langkah konkrit Nippon Paint dalam mewujudkan Gapura Merah Putih. “Semoga dengan apa yang telah kami upayakan ini dapat turut mendukung masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Kemerdekaan dengan penuh semangat kebersamaan, kegembiraan, kehangatan, dan bersuka ria bersama. Dirgahayu Republik Indonesia!”

 

Jakarta, 28 Juli 2023 – Pertumbuhan pasar kendaraan bermotor niaga di Indonesia, baik angkutan barang maupun penumpang rata-rata per tahun menyentuh angka 120.000 - 160.000 unit kendaraan yang terdiri dari kendaraan penumpang (bus), angkutan barang (truk dan double cabin), dan kendaraan angkutan khusus seperti mobil derek, mobil pemadam kebakaran, caravan, dan lain-lain.

 

Seiring dengan kondisi pemulihan ekonomi pascapandemi, bertumbuhnya pasar kendaraan bermotor niaga tak bisa dipisahkan dengan industri karoseri yang juga merupakan bagian industri otomotif nasional. Kondisi tersebut diungkapkan oleh Sommy Lumadjeng, selaku Ketua Umum Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) dalam sebuah acara diskusi dan pameran produk Nippe Series - Duco Coatings System, di Ballroom Hotel Holiday Inn Kemayoran, Jakarta Utara (28/7).

 

“Karoseri sebagai penyedia pembuatan bodi dan interior kendaraan sesuai dengan kebutuhan tertentu di atas chasis atau kerangka dasar mobil, masih sangat dibutuhkan di Indonesia karena ragam jenis kendaraan komersil yang ada belum dapat dipenuhi oleh ATPM (Agen Tungal Pemegang Merek). Sehingga masih banyak kendaraan penumpang yang harus dibuat di karoseri. Termasuk dalam hal ini kendaraan-kendaraan komersial, kendaraan dengan kebutuhan khusus, delivery van, dan lain-lain,” ungkapnya.

 

Dalam memenuhi permintaan pasar, lebih lanjut Sommy mengatakan bahwa industri karoseri pun tak luput dari berbagai masalah yang kerap dihadapi. “Masalah yang biasanya kami temui antara lain; kondisi aplikasi di lapangan yang tidak selalu bersih dan bebas debu utamanya di area karoseri. Lalu pada saat pengeringan cat saat di oven 70° Celcius biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, penggunaan cat yang cukup boros karena hiding power yang kurang bagus, lalu kombinasi penggunaan produk pelapisan mulai dari dempul hingga clearcoat sering tidak matching,” urainya.

 

Menjawab berbagai tantangan yang muncul pada saat proses pengecatan produk karoseri, NIPPON PAINT sebagai perusahaan cat / pelapis No. 1 di Asia, pionir dalam inovasi industri cat & pelapis sejak tahun 1881, menyediakan solusi total dalam rangkaian produk Nippe Series yang lengkap dengan formulasi terbaru.

 

 

 

Menjadi bagian dalam perjalanan kemajuan industri otomotif di Indonesa selama 54 tahun, Nippon Paint terus melakukan berbagai inovasi produk dan layanan. Salah satunya adalah dengan kembali memperkenalkan Nippe Series - Duco Coatings System dari Nippon Paint yang sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1969 dan kini hadir dengan serangkaian produk yang lebih lengkap dengan formulasi terbaru.

 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, mengatakan, “Berdirinya Nippon Paint Indonesia di tahun 1969 juga menandai hadirnya cat duco yaitu Nippe 2000 sebagai salah satu pelopor cat duco di Indonesia. Bahkan potensi pangsa pasar produk cat duco di Indonesia, kami memprediksi dapat mencapai Rp 5,5 Triliun dalam satu tahun, dengan proyeksi pertumbuhan tahunan mencapai 20%.”

 

Dalam memenuhi kebutuhan pasar akan cat/pelapis yang lengkap, saat ini Nippon Paint telah menghadirkan serangkaian Nippe Series mulai dari Surface Preparation, Primer, Putty, Filler, Topcoat untuk Solid, Metallic, dan Clear. “Itu semua kami siapkan untuk memberikan Full Duco Coatings System yang terbaik sehingga dapat menjadi solusi lengkap yang membuat proses pengecatan lebih efektif dan efisien dengan hasil maksimal,” ujar Mark.

 

Ia pun kembali menambahkan bahwa untuk menjaga kualitas dan daya tahan produk karoseri, coatings system berperan penting karena lapisan akhir (top coat) yang lebih ke fungsi estetika atau dekoratif saja tidak cukup untuk menjawab masalah yang ditemui dalam pengecatan. Oleh karena itu, diperlukan beberapa tahap sebelum dilakukan pelapisan top coat, dan juga clear coat sesudahnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Dalam kesempatan yang sama, Dodik Mahendra, Product Category Manager (PCM) Aerosol & Duco Nippon Paint Indonesia, menjelaskan, “Nippe Series sangat lengkap dan sangat sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia terutama untuk industri karoseri. Kami sangat fokus untuk masuk di segmen ini. Kami membangun Nippe Series sebagai Coatings System untuk memenuhi pasar industri otomotif di Indonesia dan produk ini sudah menyesuaikan dengan cara kerja bengkel-bengkel di Indonesia.”

 

Adapun rangkaian solusi lengkap dari Nippe Series; Duco Coatings System adalah sebagai berikut:

  1. Epoxy Primer / anti karat - 1 komponen & 2 komponen
  2. PE Putty / dempul – 1 komponen & 2 komponen
  3. Epoxy Filler / mengisi pori & mencegah terjadinya kerutan – 1 komponen & 2 komponen
  4. NC Top Coat: warna-warna solid, metallic, alat berat, dan PU recoatable finish
  5. 1K - NC Clear dan 2K PU Hi Gloss Clear – tersedia gloss & doff
  6. Flinkote Underseal Spray – terbaik di kelasnya (aplikasi spray)
  7. PP Primer - terbaik di kelasnya dengan menyediakan warna hitam, abu-abu, putih

 

 

“Semua produk-produk tersebut di atas memiliki keistimewaan yang sangat sesuai untuk menjawab kebutuhan bengkel-bengkel di Indonesia, yaitu; cepat kering, hasil aplikasinya halus, daya rekat kuat & tahan gesekan, tidak menyerap air dan kotoran, daya tutup bagus dan daya sebar luas,” sambung Dodik.

 

Selain dari ranah karoseri, Nippon Paint juga menjangkau bengkel, salah satunya yaitu Katros Garage yang telah manjajal Nippe Series untuk diaplikasikan pada kendaraan roda dua. Atenx Katros, pemilik Katros Garage merasa sangat puas dengan pengecatan menggunakan Nippe Series. Dikatakan olehnya, “Pengaplikasian Nippe Series pada kendaraan roda dua milik kami telah menghasilkan tampilan yang luar biasa. Dengan pilihan warna yang sangat beragam sehingga dapat mengikuti selera pengguna, cepat kering, halus tidak berpori, hasilnya sangat maksimal dan melebihi ekspektasi.”

 

Selain memperkenalkan kembali Nippe Series – Duco Coatings System, pada acara yang sama juga hadir PT NP Automotive Refinishes Indonesia (NPARI), yang juga bagian dari Nippon Paint Group di Indonesia, yang mempresentasikan solusi pelapis otomotif profesional kepada bengkel bodyshops, bengkel cat, dan karoseri di seluruh Indonesia, sejak mulai beroperasi pada April 2015. Didukung oleh berdirinya pusat pelatihan yang terdepan di Ancol pada Maret 2017, PT NPARI menawarkan rangkaian lengkap produk & layanan berstandar internasional, diimpor dari perusahaan grupnya dan didukung oleh teknologi Jepang.

 

“Visi kami adalah menjadi pemain nomor 1 di pasar pelapis aftermarket otomotif profesional di Indonesia. Kami sangat bangga dengan tim profesional kami, hadir di seluruh Indonesia yang memenuhi beragam kebutuhan pelanggan dan mitra OEM kami. Kami memahami dan memenuhi kebutuhan pasar akan dukungan warna yang kuat, solusi produk yang lengkap, dan layanan teknis untuk memberikan finishing pabrik pada kendaraan mereka." ungkap Vinodh. V, General Manager NPARI.

 

Melalui berbagai inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan Nippon Paint dalam rangkaian Nippe Series ini, Mark Liew menyampaikan, “Dengan diadakannya diskusi dan pameran mengenai inovasi sistem pelapisan Nippe Series ini, bersama dukungan para mitra dan juga pelaku industri karoseri dan bengkel, kami berharap ke depannya Nippon Paint dapat menjangkau dan berkontribusi lebih luas lagi dalam memenuhi kebutuhan market industri otomotif serta menjadi pilihan terpercaya masyarakat Indonesia.”

Jakarta, 22 Mei 2023 – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Direktorat Penertiban Pemanfaatan Ruang, berhasil menyeret salah satu pengembang nakal di Batam, yakni PT Megah Karya Nanjaya, yang terbukti memperjualbelikan kavling di kawasan Hutan Lindung Sei Hulu Lanjai. Kini, kasusnya telah diproses ke ranah hukum pidana. Kasus ini tercatat sebagai momentum perdana bagi Kementerian ATR/BPN untuk membuat efek jera bagi mafia lahan.

 

Terbukti Melanggar Perda Rencana Tata Ruang Wilayah Prov. Kepulauan Riau dan UU Penataan Ruang

 

Direktur Penertiban Pemanfaatan Ruang, Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Kementerian ATR/BPN Ariodillah Virgantara menjelaskan, penyidikan kasus perubahan fungsi lahan di kawasan hutan lindung yang diperjualbelikan didasarkan pada hasil audit tata ruang Kawasan Strategis Nasional Batam, Bintan, dan Karimun oleh Kementerian ATR/BPN pada tahun 2019.

 

“Ditemukan ketidaksesuaian rencana tata ruang dengan implementasi di lapangan. Ternyata, hasil audit yang seharusnya hutan, sudah tidak menjadi hutan lagi. Setelah ditelusuri melalui citra satelit tahun 2020, 2021, dan 2022 terdapat gerakan, di mana tutupan yang masih ada pada tahun 2017, mulai dibongkar. Selanjutnya, lahan tersebut dijadikan kavling-kavling yang dijual dengan harga murah,” ungkapnya.

 

Diakui Arodillah, setelah proses audit, Kementerian ATR/BPN telah memasang plang peringatan di kawasan Hutan Lindung Sei Hulu Lanjai. Pada plang peringatan tersebut, jelas tertulis mengenai Peraturan Daerah Pasal 73 huruf c dan d pada Perda Prov. Kepulauan Riau Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau Tahun 2017-2037 yang menyebutkan larangan perluasan lahan pemukiman atau budidaya dan melakukan kegiatan yang mengakibatkan perubahan dan kerusakan dan ekosistemnya sehingga mengurangi fungsi kawasan.Pada plang peringatan tersebut tertulis juga ancaman pidana Pasal 69 ayat (2) dan Pasal 17 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang menyatakan bahwa setiap orang yang dalam melakukan usaha dan/atau kegiatannya memanfaatkan ruang yang telah ditetapkan tanpa memiliki persetujuan kesesuaian pemanfaatan ruang dan mengakibatkan perubahan fungsi ruang dipidanakan dengan pidana penjara paling lama empat tahun dan denda paling banyak Rp2,5 miliar.

 

“Direktorat Penertiban Pemanfaatan Ruang, Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang telah dua kali memasang plang peringatan yang melarang pembangunan di daerah hutan lindung. Plang pertama, dibangun tahun 2020 dan tidak lama sudah dibongkar oleh oknum yang tidak dikenal. Kemudian, kami memasang kembali plang peringatan pada tahun 2022, yang menyatakan kawasan hutan tidak diperkenankan untuk dilakukan pembangunan,” ungkapnya.

 

Sayangnya, plang peringatan tidak dihiraukan dan aktivitas pembangunan tetap berjalan dengan sejumlah rumah yang telah berdiri, maka berdasarkan bukti-bukti tersebut, Ariodillah menegaskan, Budi Sudarmawan selaku Direktur Utama PT Megah Karya Nanjaya terbukti telah melakukan tindakan ilegal dan melanggar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Pasal 69. Kemudian, Direktorat Penertiban Pemanfaatan Ruang, Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang menindaklanjuti ke Pemerintah Kota Batam, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau hingga Kepolisian Daerah untuk melakukan penindakan terhadap tersangka.

 

“Sejak Undang-undang Penataan Ruang berlaku sejak tahun 2007, baru pada tahun 2023 atau selama 16 tahun terdapat pelanggar tata ruang yang merugikan negara sebesar Rp. 77 miliar ini dikenai sanksi pidana. Dalam proses yang berjalan hampir satu tahun, Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang telah menemukan tersangka dan berkas perkaranya telah lengkap atau P21. Berkas telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Batam dan akan sidang dua minggu lagi,” tegasnya.

 

Gunakan Masterplan Palsu Kelabui Konsumen

 

Ariodillah menjelaskan, kasus hutan lindung yang diperjualbelikan ini tidak hanya merugikan negara, namun juga warga. Apalagi, kasus ini telah masuk ke tahap transaksi jual beli yang dilakukan oleh tersangka secara sepihak. Bahkan, telah terdapat kurang lebih 60 konsumen yang dirugikan.

 

“Jadi, tersangka menjual kavling dengan sangat murah. Satu kavling itu dengan perkiraan luasan sebesar 50–60 meter persegi dengan harga antara Rp10 juta – Rp20 juta. Tersangka ini membuat masterplan palsu yang dikarang sendiri dan dibuat sendiri tanpa persetujuan Badan Pengusahaan (BP) Batam,” imbuhnya.

 

Kementerian ATR/BPN Tetap Pikirkan Nasib Konsumen

 

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, sambung Arodillah, bangunan yang berdiri tetap dibongkar dan akan dipulihkan fungsi ruang untuk dijadikan hutan kembali. Oleh karena itu, Kementerian ATR/BPN tengah mencari solusi agar nasib masyarakat pembeli kaveling tersebut dapat tertangani dengan baik.

 

“Memang secara tugas bukan tugas Kementerian ATR/BPN, namun Kejaksaan Negeri Batam menitipkan pesan untuk untuk memikirkan nasib para pembeli kaveling mengingat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berencana melakukan penghijauan kembali, sehingga mau tidak mau masyarakat yang telah membangun rumah harus digeser dari kawasan lahan hutan lindung tersebut. Rencananya, Kementerian ATR/BPN akan berkoordinasi dengan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyediakan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk menampung pembeli kaveling yang dirugikan,” ujarnya.

 

Arodillah mengingatkan bahwa masyarakat yang hendak membeli perumahan agar memeriksa sertifikat. “Didalam sertifikat terdapat unsur 3R (Right, Restriction, Responsibility). Rights merupakan hak yang diberikan oleh negara dan terdapat property right dan development right. Kemudian, restriction, batasan yang harus diikuti, dan responsibility, tanggung jawab pemilik tanah,” tandasnya. 

Yogyakarta Menjadi Kota Pertama (Area Jawa Tengah) Dibukanya Ajang Kompetisi Mahasiswa Arsitektur & Desain Interior

 

Yogyakarta, 20 Mei 2023 – Nippon Paint Indonesia kembali menggelar Asia Young Designer Awards (AYDA) untuk periode tahun 2023/2024. Ajang kompetisi yang diperuntukkan bagi para mahasiswa Arsitektur dan Desain Interior, kali ini mengangkat tema ‘Converge: Championing Purposeful Designs’ guna mendorong para peserta untuk menggabungkan kreativitas desain dengan isu global yang sedang diperjuangkan.

 

Menandai dibukanya ajang AYDA Awards 2023/24, Nippon Paint menyelenggarakan talkshow sesuai dengan tema kompetisi yaitu ‘Converge: Championing Purposeful Designs’ yang berlangsung di Ruang K1, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Kota yang dikenal sebagai Kota Pelajar ini menjadi kota pertama dimulainya rangkaian Roadshow AYDA Awards 2023. Turut hadir sebagai pembicara  dalam kesempatan ini yaitu; Andri Restanto - Kepala Depot Yogyakarta Nippon Paint Indonesia, Joe Willendra - Principal Architect W Office selaku Dewan Juri, Labdo Pranowo - Ketua Lab. Studio Arsitektur Universitas Gadjah Mada, Salsabila Novitasari - Gold Winner Kategori Arsitektur AYDA Indonesia Awards 2022/23 dengan karya Re-Stack! yang juga masih menjadi mahasiswa aktif program studi Arsitektur dari UGM.

 

Andri Restanto, Kepala Depot Yogyakarta Nippon Paint Indonesia dalam sambutannya mengatakan, “Nippon Paint Indonesia sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas respon positif dari pihak kampus, dalam hal ini Universitas Gadjah Mada, khususnya Program Studi Arsitektur yang dengan tangan terbuka berkenan menerima kegiatan Roadshow AYDA Awards 2023.”

 

Lebih lanjut Andri memaparkan bahwa Nippon Paint membuka peluang sebesar-besarnya bagi para calon arsitek dan desain interior untuk mengembangkan diri melalui kompetisi AYDA Awards. Para peserta ditantang untuk membuat desain yang lebih mendalam mengenai pengembangan masyarakat yang belum teratasi masalahnya. Tujuan akhir dari karya ini adalah untuk membangun harapan bagi masyarakat yang membutuhkan solusi dan membantu perkembangan masyarakat melalui desain.

 

Menanggapi hal itu, Labdo Pranowo - Ketua Lab. Studio Arsitektur Universitas Gadjah Mada mengungkapkan, “Kami menyambut positif dengan diselenggarakannya kompetisi seperti AYDA Awards yang digagas oleh Nippon Paint. Terutama karena dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan minat dan kemampuan para mahasiswa sehingga menjadi tantangan tersendiri sejauhmana mereka dapat mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah mereka serap di perkuliahan.”

 

Sementara itu, salah satu Dewan Juri AYDA Awards, Joe Willendra, Principal Architect W Office turut menambahkan, “Dalam kompetisi ini, para juri terus berusaha untuk menggali dan mengembangkan value yang dimiliki peserta, baik dari sisi karya maupun skill. Hal ini tentunya penting dilakukan, karena kelak para peserta akan mewakili Indonesia di ajang AYDA Awards International.”

 

Turut hadir dalam acara ini yaitu Salsabila Novitasari - Gold Winner Kategori Arsitektur AYDA Indonesia Awards 2022/23 dengan karya Re-Stack!. Salsabila berbagi pengalamannya saat mengikuti AYDA Awards tahun lalu hingga Ia berhasil menyabet juara dengan karya desainnya. “Sejak awal saya sangat antusias untuk mengikuti kompetisi AYDA ini, karena saya yakin kompetisi ini dapat memberikan dampak yang sangat positif terhadap perkembangan karir saya ke depannya dan juga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia.”

 

Untuk mengikuti kompetisi para peserta dapat mengirimkan rancangan desain yang terbagi dalam dua kategori yaitu ARSITEKTUR dan DESAIN INTERIOR. Dari sisi Arsitektur, benang merahnya adalah bagaimana desain yang dibuat dapat menjadi solusi atas isu dunia, sekaligus dapat membangun harapan dan membantu perkembangan masyarakat yang membutuhkan, serta bagaimana cara mewujudkan desain tersebut khususnya di wilayah yang sudah padat seperti saat ini.

 

Lalu dari sisi Desain Interior yaitu bagaimana memperdalam interaktivitas desain dan bagaimana desain yang dibuat dapat menjadi solusi atas isu dunia, sekaligus dapat membangun harapan serta membantu masyarakat yang membutuhkan. Serta bagaimana cara mewujudkan desain tersebut khususnya di wilayah perkotaan yang padat penduduk.

 

Sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi para calon Arsitek dan Desain Interior muda untuk mewujudkan desainnya, AYDA memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp 20 Juta, kesempatan magang, serta mewakili Indonesia dalam ajang AYDA Summit 2024 dan berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai USD10,000 di Harvard Graduate School of Design bagi peraih Gold Award.

 

AYDA telah bekerjasama dengan Harvard University Graduate School of Design, dimana pemenang utama di kompetisi AYDA Internasional akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk Design Discovery Program selama 3 minggu di Boston, Amerika Serikat.

 

Cimahi, 17 April 2023 - Emiten produsen furnitur, PT Chitose Internasional Tbk (CINT) mencanangkan sejumlah strategi bisnis tahun ini guna mencapai target penjualan serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan produk dalam negeri yang berdaya saing melalui sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Dalam kegiatan ini perseroan mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan pemenang Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) 2023 dari Kementerian Perindustrian.

 

P3DN adalah program yang dianjurkan Pemerintah guna mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan dengan produk impor.

 

CINT didaulat sebagai Juara 1 untuk Kategori Produsen Industri Besar P3DN karena memiliki produk furnitur berkualitas, Standar Nasional Indonesia (SNI), dan bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

 

Presiden Direktur Chitose Internasional Kazuhiko Aminaka mengatakan, TKDN memang menjadi salah satu preferensi untuk menentukan pemenang dalam proses pengadaan barang/jasa di instansi pemerintahan.

 

Sebab itu, tahun lalu sertifikasi TKDN menjadi salah satu yang dilakukan perseroan selain meningkatkan riset dan pengembangan (R&D), menetapkan tim dan target ESG, serta mengimplementasikan aplikasi sistem informasi, salah satunya ERP SAP S/4HANA.

 

“Saat ini, kami didukung lima brand yakni Zao, Chitose, Okamura, Dragon, dan C-Pro dengan total mencapai 300 item product. 179 produk telah tersertifikasi TKDN dengan tingkat TKDN rata-rata diatas 50%.,” kata Kazuhiko, dalam Paparan Publik di Showroom Chitose, Baros-Cimahi, Jawa Barat, Senin (17/4/2023).

 

Direktur sales dan marketing perseroan bapak Susanto menyampaikan, Tahun ini, sejumlah strategi disiapkan guna mendorong pertumbuhan bisnis yakni mempercepat proses sertifikasi TKDN, fokus pada proyek-proyek prospektif lewat kerja sama dengan pemerintah, optimalisasi pasar ekspor dan implementasi sistem Original Equipment Manufacturer (OEM).

 

“Kami juga akan meningkatkan kerja sama dengan direct holding atau kepemilikan langsung untuk penetrasi daerah potensial, menggelar customer dan agent gathering, dan meningkatkan optimalisasi pengembangan produk, baik furnitur maupun produk C-Pro sesuai dengan kebutuhan lokal dan ekspor,” imbuh Susanto.

 

Tak hanya itu, perseroan juga terus menguatkan kembali fondasi dan menyelaraskan tujuan serta berkomitmen untuk memberikan kualitas produk dan layanan yang tinggi melebihi ekspektasi konsumen.

 

Pengembangan produk-produk baru juga akan terus direalisasikan dengan melihat tren dan perkembangan pasar terkini. “Kami berupaya memperkuat daya saing dengan mengembangkan berbagai varian produk baru, salah satunya Air Mattress berupa kasur, bantal, bantal duduk, travel mat, yang diproduksi dengan menggunakan teknologi modern dan sangat baik untuk kesehatan.”

 

Kinerja Pulih 2023

Direktur Keuangan Chitose Raden Nurwulan Kusumawati mengatakan, kinerja bisnis tahun ini diharapkan semakin membaik dengan mencatatkan laba bersih mengingat tahun lalu perusahaan mampu memangkas rugi bersih hingga 92,33%, dari rugi bersih Rp 98,21 miliar di 2021 menjadi hanya rugi Rp 7,53 miliar.

 

Perseroan juga mampu meraih laba bruto tahun lalu sebesar Rp 144,23 miliar, meroket 909% dari tahun sebelumnya Rp 14,30 miliar. Sementara itu, total pendapatan sebesar Rp 437,62 miliar, naik 52,40% dari 2021 Rp 287,15 miliar dan mencapai 125,91% dari target yang ditetapkan.

 

Penjualan lokal menyumbang 94,38% atau Rp 413,02 miliar, sedangkan ekspor 5,62% atau Rp 24,59 miliar. Adapun volume produksi mencapai 668.611 unit, naik 5,82% dari 2021 sebesar 631.844 unit. “Kami bersyukur dapat menutup tahun lalu dengan capaian kinerja yang baik. Dengan kinerja itu, kami mampu mencatatkan peningkatan penjualan 52,40% dan mendorong perbaikan kinerja profitabilitas,” kata Nurwulan.

 

Tahun ini, perseroan mengalokasikan dana belanja modal (capital expenditur/capex) sebesar Rp 2,5 miliar. Tak hanya itu, perseroan juga akan membagikan dividen sebesar Rp 1 miliar. Dividen itu akan dibagikan kepada pemegang saham yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada 21 Maret 2023 pukul 16.00 WIB dan akan dibagikan pada 17 Mei 2023.

 

Dari sisi neraca keuangan, ekuitas perusahaan tercatat Rp 340,06 miliar dari tahun sebelumnya Rp 349,51 miliar, sementara itu kewajiban naik 6,16% menjadi Rp 151,99 miliar dari Rp 143,18 miliar.

 

Jakarta, 15 April 2023 – Nippon Paint Indonesia selenggarakan program mudik bersama yang diikuti oleh ribuan pekerja bangunan yang terdiri dari tukang, mandor dan aplikator beserta keluarga. Program Mudik Bareng Nippon Paint ini merupakan bentuk apreasiasi Nippon Paint Indonesia kepada seluruh tukang dan mandor yang telah memberikan kontribusi besar dalam mendukung eksistensi Nippon Paint selama 53 tahun di Indonesia.

 

Dikatakan oleh Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia, dalam sambutannya, “Mengusung semangat berbagi kebaikan di bulan Ramadan, Nippon Paint hadir untuk memberikan dukungan bagi para tukang dan mandor yang ingin pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman untuk merayakakan Idul Fitri.”

 

Lebih lanjut Mark mengungkapkan bahwa Nippon Paint sebagai brand cat nomor satu di Asia Pasifik[ Sumber: TOP25 2021 Paint Manufacturers in Asia Pacific, Asia Pacific Coatings Journals, pp.14], sangat menyadari pentingnya kontribusi dan andil para tukang dan mandor. Untuk itu Nippon Paint sangat menyambut positif dan berpartisipasi aktif dengan memfasilitasi kegiatan mudik bareng ini.

 

Dalam pelaksanaannya yang dihelat pada Sabtu, 15 April 2023, Nippon Paint menyediakan fasilitas mudik bagi sekitar 1500 peserta, berupa 35 unit bus berkapasitas 50 kursi, takjil untuk berbuka saat di perjalanan, serta paket travel kit. Adapun kota tujuan berjumlah 43 kota yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. Kota-kota tersebut antara lain; Cirebon, Tasikmalaya, Banjarnegara, Pemalang, Solo, Magelang, Yogyakarta, Kediri, Malang, Surabaya, dan lain-lain.

 

Kegiatan Mudik Bareng ini juga mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta yang turut serta melepas keberangkatan para pemudik. Seperti disampaikan Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta “Dengan adanya kegiatan Mudik Bareng yang difasilitasi oleh Nippon Paint, tentunya kami sangat mendukung, mengingat arus mudik sudah mulai tampak di satu minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri. Diharapkan melalui kegiatan seperti ini para pemudik dapat merasakan pulang kampung dengan moda transportasi yang nyaman, tidak perlu berdesak-desakan, ditambah juga dengan berbagai hiburan yang disiapkan oleh penyelenggara.”

 

Syafrin menambahkan bahwa Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT) juga melakukan survei untuk memprediksi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idul Fitri 1444 H). Berdasarkan hasil survei tersebut, diprediksi pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini meningkat 45% jika dibandingkan dengan prediksi pergerakan masyarakat di masa Lebaran tahun 2022 lalu yang mencapai 85,5 juta orang.

 

Sehingga program yang dijalankan oleh Nippon Paint Indonesia tentunya akan sangat membantu masyarakat untuk pulang kampung dengan aman dan nyaman sekaligus mengurangi kepadatan arus mudik di tahun 2023 ini.

 

Selain fasilitas bus, travel kit, dan konsumsi, para peserta Mudik Bareng juga mendapatkan aneka hiburan yang dimeriahkan oleh penampilan band, komedian Didi, serta tak lupa juga siraman rohani dari penceramah kondang Ustadz Maulana di Gerbang Utama Taman Mini Indonesia, Jakarta Timur.

 

Para pemudik tampak sangat antusias mengikuti rangkaian acara Mudik Bareng bersama Nippon Paint. Seperti diungkapkan oleh Agung Rahmat, salah seorang peserta mudik yang juga membawa keluarganya turut serta. “Saya sangat gembira dengan adanya program Mudik Bareng Nippon Paint karena selain nyaman, banyak fasilitasnya, saya juga bisa membawa anak dan istri tanpa harus susah-susah berburu tiket mudik. Seperti kita ketahui, tiket mudik saat ini sudah sulit didapat. Jadi kami merasa sangat terbantu dengan adanya program Mudik Bareng ini,” ungkap Agung Rahmat.

 

Sebagai tambahan informasi, selain program Mudik Bareng, Nippon Paint terus berupaya memberikan dukungan maksimal kepada para tukang dan mandor melalui berbagai program pelatihan pengecatan hingga fasilitas pendukung skill seperti painters pack, spanduk mandor, dan lain-lain.

 

Melihat suksesnya program Mudik Bareng di tahun ini, Mark Liew berharap ke depannya Nippon Paint dapat kembali memfasilitasi kegiatan seperti ini, tentunya dengan fasilitas yang lebih beragam dan  menjangkau peserta lebih banyak lagi.

Jakarta, 31 Maret 2023 – Pandemi telah usai, aktivitas kembali normal. Datangnya bulan suci Ramadan disambut dengan penuh antusias. Begitu pun dengan kegiatan khas di bulan Ramadan. Banyak tradisi yang hanya bisa dijumpai di bulan ini, seperti buka bersama, mudik ke kampung halaman, dan tradisi bersilaturahmi dari rumah ke rumah yang kini telah ditunggu-tunggu setelah sebelumnya terkungkung karena pandemi.

 

Tak pelak tradisi ini pun menimbulkan semangat baru. Semangat menyambut handai taulan, sanak saudara, untuk kembali berkumpul dalam suasana nan hangat. Kehangatan suasana yang didukung dengan dekorasi rumah yang tepat tentunya akan membawa nuansa yang tak terlupakan.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh Zata Ligouw, seorang Content Creator yang kerap melakukan makeover sudut-sudut ruangan di rumahnya. Sebagai seorang Content Creator dan Ibu Rumah Tangga tentu memerlukan ruangan estetik yang mendukung kreativitas dan produktivitasnya dalam membuat konten hingga menjadi tempat melakukan berbagai aktivitas rumah tangga lainnya.

 

“Tahun lalu saya banyak menggunakan warna terang dan mencolok untuk hadirkan suasana yang ceria dan bersemangat. Tapi sekarang, ada sedikit pergeseran konsep rumah, karena semenjak pandemi lalu saya jadi semakin sadar bahwa hunian menjadi kebutuhan utama penghuninya yang dapat berpengaruh pada kesehatan dan kreativitas penghuninya. Maka dari itu, sekarang saya mulai mengubah konsep rumah agar lebih bersih dan sejuk dengan menghadirkan warna-warna dengan kesan lembut serta mampu menampilkan kesan premium pada bangunan,” ungkap Zata.

 

Semangat merayakan era baru ini tertuang dalam Tren Warna Ramadan yang diusung oleh Nippon Paint, brand cat nomor satu di Asia Pasifik. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang begitu populer dengan warna Hijau Bolu Pandan, Hijau Klepon, atau Hijau Telur Asin, kali ini Nippon Paint menghadirkan 3 Tema dari 11 Warna Ramadan 2023.

 

Seperti dikatakan oleh Linda Kam – Sr. Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, dalam acara Media Gathering Tren Warna Ramadan 2023, Ramadan Lebih Berwarna, di Jakarta, Jumat 31 Maret 2023, “Nippon Paint telah meluncurkan Tren Warna Ramadan sejak tahun 2018. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint hadirkan nuansa tradisional, yaitu warna hijau. Seperti warna Hijau Telur Asin di tahun 2018/19, Hijau Bolu Pandan di tahun 2020/21, dan Hijau Klepon pada tahun 2022 lalu. Pada tahun 2023 ini, Nippon Paint merayakan Ramadan lebih berwarna namun tetap elegan dengan 11 warna dalam 3 tema.”

Tiga tema warna tersebut yaitu:

  • Tema 1 - Monokrom dengan Brilliant White 1001 sebagai warna utama
  • Tema 2 - Warm dengan Warm Toast NP YO 1173P sebagai warna utama
  • Tema 3 - Tropical dengan Green Gauze NP BGG 1619T sebagai warna utama

 

Lebih lanjut Linda memaparkan bahwa penentuan Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ini adalah berdasarkan survei independen Nippon Paint dengan 2000 lebih SPG/B Nippon Paint dan basis data warna dari 4000 lebih Colour Creation Machine yang telah tersebar di toko bangunan seluruh Indonesia. “Jadi Tren Warna Ramadan dari Nippon Paint ini dapat ditemukan di mana pun dengan garansi warna 100% Akurat & Konsisten,” tandasnya.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Keneth Sandy, Creative Director KenethSandy Studio, Interior Architect Consultant, menerangkan tentang tren warna cat di masa new normal era ini. “Memasuki new normal era pemilihan warna yang bersih, sejuk yang mudah untuk diterima oleh mata dan mampu menampilkan kesan elegan atau premium menjadi pilihan warna saat ini. Di Indonesia sendiri, warna-warna yang digemari adalah warna-warna pastel, earth tone, serta warna monochrome masih menjadi tren dan digemari,” imbuhnya.

 

Keneth adalah seorang Arsitek dan Desainer Interior dengan pengalaman lebih dari lima belas tahun dan telah banyak merancang rumah-rumah artis Indonesia. Menurutnya, Tren Warna Ramadan Nippon Paint setiap tahunnya selalu menginspirasi. Termasuk Tren Warna Ramadan di 2023 ini. “Warna yang dipilih di tahun ini mampu menjawab kebutuhan pasar di masa Ramadan new normal yang dapat memberikan efek psikologis yang bersih, intimate, dan ceria. Tiga tema Tren Warna Ramadan 2023 ini yaitu Monochrome, Warm dan Tropical dirasa mudah untuk diterima oleh mata dan mampu menampilkan kesan elegan atau premium,” urainya.

 

Untuk mendapatkan tampilan elegan pada rumah, Linda mengingatkan pentingnya pemilihan warna. Padu padan warna yang tepat dapat menghasilkan kesan elegan pada ruangan. Kesan tersebut yaitu pertama, dapat memberikan suasana baru dan sebuah identitas baru pada ruangan untuk memberikan kesan yang bersih, sehat, sejuk, positif, dan nyaman. Kedua, memberikan ilusi pada ruangan sehingga tampak lebih luas, tinggi, dan dapat sebagai pemisah atau pembentuk dari ruangan tersebut. Ketiga, penerapan warna aksen pada ruangan dapat mempertegas dan meningkatkan estetika dari ruangan tersebut.

 

Tak hanya pilihan warna Ramadan, Nippon Paint juga telah menyediakan berbagai produk & service premium yang telah siap digunakan, merupakan bagian komitmen Nippon Paint sebagai BEYOND COATINGS – lebih dari sekedar pengecatan. Salah satunya yaitu melalui Colour Sceheme Service, layanan konsultasi gratis bersama desainer interior profesional Nippon Paint untuk memvisualisasikan warna cat pada bangunan, dengan tiga alternatif kombinasi warna dan rekomendasi produk.

 

Selain warna dan layanan, Nippon Paint juga hadirkan 6 produk premium seperti Nippon Weatherbond Solareflect, Nippon Satin-Glo, Nippon Spot-Less Plus, Nippon Spot-Less, Nippon Flaw-Less dan Nippon Bee Brand 1000 yang dapat digunakan sebagai referensi untuk diaplikasikan pada ruangan atau bangunan yang ingin dilakukan pengecatan.

 

Untuk mendapatkan inspirasi-inspirasi lain guna menciptakan nuansa elegan sambut hari kemenangan dengan mengulik Tren Warna Ramadan 2023, dapat mengunjungi website: www.ramadan.nipponpaint.id atau bisa Google Search dengan kata kunci; Tren Warna Ramadan.  Bersama Nippon Paint, #RamadanLebihBerwarna.

 

Padang, 7 Maret 2023 – Sebagai brand cat nomor satu di Asia Pasifik[1], Nippon Paint sangat mengapresiasi berbagai pihak yang selama ini telah memberikan dukungan sehingga bisa menjadi produk kepercayaan masyarakat Indonesia. Tidak hanya memiliki kekuatan jalur distribusi dan dukungan dari 40.000 Mitra Toko, tukang dan mandor juga memiliki andil besar dalam  mendukung eksistensi Nippon Paint.

 

Menyadari keberadaan para tukang dan mandor yang sangat penting bagi perusahaan, Nippon Paint kembali mengadakan Painters Gathering Serentak 2023 sebagai bentuk apreasiasi kepada seluruh tukang dan mandor di Indonesia.

 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan bahwa Painters Gathering merupakan program yang sudah dijalankan sejak 2016. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan edukasi kepada Tukang dan Mandor mengenai sistem pengecatan, hingga menyiapkan 7 senjata ampuh yang dapat tingkatkan penghasilan para tukang dan mandor.

 

7 Senjata Ampuh yang telah disiapkan oleh Nippon Paint untuk tukang dan mandor adalah:

1. Kartu Warna Colours of Life

Senjata promosi tukang dan mandor berupa kartu warna dengan teknik cetak yang akurat sesuai warna cat asli, yang dapat diteruskan oleh tukang dan mandor kepada konsumen. Kartu warna ini dapat dilengkapi dengan nama dan nomor kontak mandor, sehingga memudahkan konsumen menghubungi tukang dan mandor.

 

 2. Painters Pack

Paket berisi berbagai kartu warna dan katalog panduan pengecatan sebagai sarana para tukang dan mandor menjelaskan kebutuhan cat/pelapis kepada konsumen dan tampil lebih profesional.

 

 3. Total Coating Solutions

Panduan pemilihan cat dan pelapis setiap permukaan yang sesuai dengan jenis proyek dan bangunan seperti Gedung Bertingkat, Rumah Sakit, Sekolah, Masjid hingga Bandar Udara.

 

4. Spanduk Mandor

Nippon Paint menyediakan spanduk bagi tukang dan mandor. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai media promosi tukang kepada konsumen, karena nama dan nomor kontak tukang tercantum pada spanduk, sehingga memudahkan konsumen jika sedang membutuhkan jasa tukang dan mandor untuk melakukan pengecatan.

 

5. Colour Scheme Services

Jasa layanan visualisasi warna pada ruangan yang dapat digunakan tukang dan mandor ketika memiliki konsumen yang masih ragu memilih warna cat untuk pengecatan ruangan maupun bangunan.

 

 6. Pelatihan Produk

Kegiatan edukasi memilih produk yang tepat dan teknik pengecatan yang benar untuk menambah kemampuan, wawasan dan kepercayaan diri tukang agar dapat meningkatkan keahlian dan pendapatannya.

 

 7. Garansi Warna: 100% Akurat & Konsisten

Setiap produk teknologi tinting dari Nippon Paint menghasilkan warna yang dijamin 100% akurat dan konsisten. Hal ini tentunya akan sangat membantu tukang dan mandor saat memilih warna sesuai kebutuhan konsumen. Hasil warna yang sesuai, dapat meningkatkan kepuasaan konsumen kepada kinerja tukang dan mandor.

 

Di tahun 2023 ini acara Painters Gathering Nippon Paint digelar secara serentak di 68 kota di Indonesia, dan diikuti oleh 8220 Painters. Salah satu kota yang terlibat dalam Painters Gathering Serentak adalah Padang, Sumatera barat.

 

Dalam pelaksanaan Painters Gathering Serentak yang diadakan di Padang, Sumatera Barat, Nippon Paint bekerjasama dengan Toko Metal Baru.

 

Syafrizal Saleh owner Toko Metal Baru mengatakan bahwa “Kami sudah bermitra dengan Nippon Paint selama 20 tahun, jadi kami pun turut merasakan berbagai inovasi yang telah Nippon Paint lakukan untuk membantu Toko, salah satunya dengan Painters Gathering ini. Selain memberikan keuntungan kepada tukang dan mandor karena pelatihan yang diberikan, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi kami karena dapat menjalin relasi dengan tukang dan mandor yang bekerja di sekitar toko bangunan kami”.

 

Diungkapkan pula oleh Mohamad Dafis, salah satu tukang yang mengikuti acara Painters Gathering, “Merupakan suatu kebanggaan bagi kami berkesempatan untuk mengikuti acara yang diselenggarakan oleh Nippon Paint. Terlebih dengan adanya apresiasi dan penghargaan yang dipersembahkan untuk para tukang dan mandor. Hal ini membuat kami semakin bangga bahwa produk-produk Nippon Paint adalah produk berkualitas. Semoga ke depannya Nippon Paint dapat terus menciptakan produk-produk yang lebih bagus lagi.”

 

Ke depannya, Mark menandaskan, Besar harapan kami, dengan terselenggaranya acara ini dan jalinan kerja sama yang semakin erat dengan tukang dan mandor serta mitra toko terus menjadikan Nippon Paint sebagai referensi produk cat nomor 1 di hati para konsume­­­­n Indonesia.”

Usung Tema ‘Converge: Pushing The Reset Button’ kedepankan Green Architecture

 

Gold Winner AYDA Indonesia Awards 2022/23: Salsabila Novitasari dari Universitas Gadjah Mada dengan karya “Re-Stack!" pemenang Gold Winner kategori Arsitektur, Linda Kam - Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Arya Putra dari Institut Teknologi Bandung dengan karya “Silih Hub" untuk kategori Desain Interior

 

Jakarta, 16 Februari 2023 – Dunia arsitektur dan desain interior terus berkembang dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan kebutuhan dari para pelaku industri di bidang tersebut. Nippon Paint secara konsisten juga terus berkomitmen dalam mendukung dunia arsitektur dan desain interior melalui ajang “ASIA YOUNG DESIGNER AWARDS” yang telah berlangsung sejak 2008 dengan tujuan untuk mengembangkan talenta dari mahasiswa/i Arsitektur dan Desain Interior. Kompetisi AYDA Indonesia Awards 2022/23 kali ini mengambil tema Converge: Pushing The Reset Button.

 

Linda Kam, Marketing Manager Nippon Paint Indonesia dalam sambutannya pada acara Grand Final AYDA Indonesia Awards 2022/23, yang berlangsung di Hotel Ibis Style Jakarta Pusat, 15 Februari 2023, mengatakan, “Melalui tema ‘Converge: Pushing The Reset Button’, kami melihat bagaimana rancangan Arsitektur dan Desain Interior dapat mewujudkan hubungan kolaboratif antara manusia dengan alam agar bisa terus hidup berdampingan. Untuk itu kami membuka peluang sebesar-besarnya bagi para calon arsitek dan desain interior untuk mengembangkan diri melalui kompetisi AYDA. ”

 

Menanggapi positif hal itu, salah satu Dewan Juri, yaitu Joe Willendra, Founder of W Office (WOF) mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi Nippon Paint dengan terselenggaranya kompetisi ini sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan dunia arsitektur dan desain interior di Tanah Air.” Dalam kesempatan ini, Joe Willendra menjelaskan bahwa tahun 2022 kemarin merupakan masa penuh tantangan di era kenormalan baru (new normal) bagi seluruh sektor industri dalam negeri, termasuk seni merancang bangunan. Keadaan ini turut berpengaruh terhadap tren desain arsitektur dan interior sehingga konsep Green Architecture menjadi salah satu tren desain yang sangat diminati masyarakat.

 

“Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bangunan bergaya minimalis dan memiliki ruang terbuka dengan tujuan membuat penghuni lebih sehat di tengah pandemi. Banyak juga masyarakat yang mengadaptasi konsep Green Architecture ini ke dalam kehidupan sehari-hari lewat house plant yang kian populer dan banyak diminati khalayak,” urai Joe.

 

Talkshow AYDA 2022/23: Joe Willendra - Founder of W Office (WOF) - Dewan Juri AYDA, Linda Kam - Marketing Manager Nippon Paint Indonesia, Greta Elsa Nurtjahja - Pemenang Asia Young Designer of The Year 2019/20

 

Ia pun mengamini bahwa konsep Green Architecture berkesinambungan dengan tema AYDA tahun ini – Converge: Pushing The Reset Button. “Sebelum terjadi pandemi, keadaan alam kita cukup memprihatinkan. Tetapi setelah pandemi terjadi, keadaan alam malah berangsur membaik karena manusia hanya beraktivitas dari rumah. Dengan tema Converge: Pushing The Reset Button ini, para peserta ditantang untuk berpikir bagaimana caranya merancang sebuah site/bangunan tanpa merusak alam dan manusia dapat hidup berdampingan dengan alam tanpa merusaknya,” tandasnya.

 

Senada dengan Joe Willendra, Linda Kam menambahkan, “Kebutuhan Arsitektur dan Desain Interior saat ini sangat dipengaruhi oleh pandemi dan juga isu lingkungan. Kami sadar akan kebutuhan Green Architecture dan Nippon Paint sendiri memiliki kategori produk passive green dan active green. Bahkan, seluruh produk Nippon Paint ini selain telah bersertifikat Green Label Singapore, Green Building Indonesia dan juga TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).”

 

Dengan semangat menjaga harmoni kehidupan di Bumi, maka kompetisi AYDA Indonesia Awards 2022/23 digelar. Sepanjang 2022, roadshow telah dilakukan secara virtual di 37 Universitas yang diikuti oleh 2174 partisipan dan mendapatkan sebanyak 409 karya, angka ini naik sebanyak 35% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 303 karya.

 

“Kami sangat senang karena selama ini AYDA mendapatkan sambutan positif dari seluruh pihak. Hal ini dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah submission / karya yang masuk. Bahkan di tengah kondisi pandemi kemarin, kami tetap mengadakan berbagai aktivitas AYDA secara virtual dan kami terkejut karena submission AYDA pada masa pandemi lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan hingga tahun ini tetap bertambah pesat,” ungkap Linda.

 

AYDA Awards telah diadakan di 17 negara di Asia, dan diikuti lebih dari 1200 institusi pendidikan, serta memperoleh lebih dari 41.000 karya dan akan terus bertambah setiap tahunnya. “Setelah dua tahun sebelumnya, penyelenggaraan Grand Final AYDA Indonesia Awards diselenggarakan secara virtual, kami sangat berbahagia karena kali ini dapat berlangsung secara tatap muka dimana para finalis bisa mempresentasikan karya mereka secara langsung di hadapan para Dewan Juri,” Linda menjelaskan.

 

AYDA juga bekerjasama dengan Harvard University Graduate School of Design, dimana pemenang utama di kompetisi AYDA Internasional akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk Design Discovery Program selama 3 minggu di Boston, Amerika Serikat.

 

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, pada penyelenggaraan AYDA Indonesia Awards 2022/23, Gold Winner berhasil dimenangkan oleh dua mahasiswa terbaik, untuk kategori Arsitektur diwakili oleh Salsabila Novitasari dari Universitas Gadjah Mada dengan karya “Re-Stack!"  dan Arya Putra dari Institut Teknologi Bandung dengan karya “Silih Hub" untuk kategori Desain Interior.

 

Salsabila Novitasari, Gold Winner AYDA 2022/23 kategori Arsitektur mengungkapkan, “Sejak awal saya sangat antusias untuk mengikuti kompetisi AYDA ini, karena saya yakin kompetisi ini dapat memberikan dampak yang sangat positif terhadap perkembangan karir saya ke depannya dan juga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia.”

 

Sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi para Arsitek dan Desain Interior muda untuk mewujudkan desain yang harmonis antara manusia dengan alam, AYDA memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp 20 Juta, kesempatan magang, serta mewakili Indonesia dalam ajang AYDA Summit 2023 dan berkesempatan mendapatkan beasiswa senilai USD10,000 di Harvard Graduate School of Design bagi peraih Gold Award.

 

Kabar gembira lainnya, tahun ini Nippon Paint juga membuka kompetisi Creative Colour Award atau CCA. “Tak hanya pada tingkatan akademis namun juga level praktisi, Nippon Paint terus berupaya memberikan apresiasi kepada insan arsitektur dan desain interior dengan meluncurkan Creative Colour Awards atau CCA, yaitu kompetisi tingkat Internasional yang dipersembahkan untuk praktisi Arsitek dan Desainer Interior Profesional.” tutup Linda Kam.

 

Nippon Paint Kembali Hadirkan Dealers’s Nite 2023

Nippon Paint mengawali langkah di 2023 dengan menggelar event akbar Dealer’s Nite di Medan belum lama ini.

 

Medan, 30 Januari 2023 – Optimisme mengiringi langkah NIPPON PAINT sebagai brand cat nomor satu di Asia Pasifik. Melalui gelaran akbar Dealer’s Nite yang diselenggarakan di kota-kota besar di Indonesia, Nippon Paint mempersembahkan berbagai apresiasi dan penghargaan untuk para mitra toko, secara tatap muka.

 

Medan adalah salah satu kota berlangsungnya Dealer’s Nite untuk Mitra Toko area Aceh dan Sumatera Utara. Januari 2023 ini merupakan kali pertama diadakan secara offline, setelah dua tahun sebelumnya berlangsung secara online imbas dari pandemi Covid19.

 

Selama 53 tahun, Nippon Paint Indonesia terus berkembang menjadi perusahaan cat dan pelapis terdepan yang memberikan kontribusi pada pengembangan masyarakat dengan menciptakan produk dan pelayanan yang inovatif.  Hal ini tentunya tidak luput dari kekuatan jalur distribusi Nippon Paint di 62 Kota di Indonesia dan dukungan lebih dari 40.000 Mitra Toko.

 

Selleys RP7- Ahlinya 3P: Pelumas, Pelindung, Pembersih

 

Jakarta, 26 Agustus 2022 – Seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2022 akan memberikan dampak positif terhadap penjualan otomotif di Indonesia. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya perkembangan teknologi di dunia otomotif. Mulai dari kemajuan elektrifikasi hingga maraknya digitalisasi dunia modern yang sudah merambah industri otomotif secara luas.

 

Data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunjukkan bahwa penjualan mobil whole sales atau distribusi dari pabrik ke dealer tumbuh 66% year on year (2021-2022) menjadi 887.202 unit. Adapun penjualan sepeda motor, merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), di sepanjang 2021 mencapai 5,05 juta unit, tumbuh 38% dibanding 2020 yang hanya 3,66 juta unit.

 

Menurut Praktisi Otomotif, Antonius Yuliyanto ketika melakukan pembelian kendaraan baru biasanya akan ada garansi yang diberikan diler dalam jangka waktu tertentu atau berdasarkan jarak tempuh. Jika masa garansi sudah habis, maka tantangan selanjutnya adalah melakukan perawatan atau pembersihan secara rutin guna memastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima dan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

 

“Kita berada di negara beriklim tropis, terutama ketika memasuki musim hujan bodi atau mesin menjadi lebih lembap dan berisiko menimbulkan korosi. Tentu saja, kondisi ini menjadi momok bagi kendaraan yang materialnya menggunakan besi. Sehingga, kendaraan memerlukan perawatan ekstra,” papar Aant panggilan akrab Antonius Yuliyanto, saat Talkshow “Selleys RP7-Ahlinya 3P: Pelumas, Pelindung, Pembersih” di Habitate Jakarta, Jumat (26/8/2022).

 

Lebih lanjut Aant menjelaskan bahwa pencegahan terhadap karat ini jamak dilakukan. Segera cuci kendaraan setelah kehujanan untuk hilangkan garam dan asam yang terlarut di dalam air hujan, serta kotoran. Namun kendaraan yang sering terkena hujan dan dicuci juga berpotensi menimbulkan kering pada beberapa area bergerak seperti engsel, handle pintu pada mobil hingga as standar samping, as standar tengah, as handle rem dan kopling, rantai sampai lubang anak kunci pada motor sehingga diperlukan cairan pelumas. 

 

Bak gayung bersambut, sejak Desember 2021 Nippon Paint yang saat ini sudah menjelma sebagai BEYOND COATINGS melakukan ekspansi bisnis pada kategori SAFL (Sealant, Adhesive, Filler, Lubricating Spray) dengan mengakuisisi Selleys dari Australia sekaligus menghadirkan Selleys RP7 – Pelumas Semprot Serbaguna dengan fungsi 3P: Pelumas, Pelindung, Pembersih.

 

 

Diakui oleh M.N. Ardhan, Product Category Manager (SAFL & Mortar) Nippon Paint Indonesia bahwa cairan penetrant atau cairan pelumas terbukti ampuh menangani masalah yang ditimbulkan air, yaitu karat, engsel seret sampai bunyi berdecit di berbagai komponen yang bergerak. “Sebagai pelumas, Selleys RP7 melumasi bagian-bagian kendaraan yang berpotensi terdapat gesekan, misalnya baut, lubang kunci, engsel, atau rantai. Selanjutnya, fungsi sebagai pelindung adalah memberikan perlindungan lebih lama terhadap karat, serta mampu membersihkan kotoran yang menempel pada bodi kendaraan. Selain itu, cairan yang lebih dingin mempermudah pelepasan karat,” ujar M.N. Ardhan.

 

Selleys RP7 telah dipasarkan secara global, baik di Australia, Afrika Selatan, Arab Saudi, hingga negara-negara lain di benua Asia. Oleh karena itu, Nippon Paint yakin bahwa Selleys RP7 dapat bersinergi dengan sejumlah stakeholders mulai dari diler, aplikator, mandor, hingga pelaku jasa konstruksi.

 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan bahwa potensi pangsa pasar produk sealant, adhesive, filler, lubricating spray (SAFL) di Indonesia dapat mencapai 6 Triliun dengan proyeksi pertumbuhan tahunan mencapai 10%.

 

Lebih lanjut Mark Liew menambahkan bahwa Nippon Paint sudah 50 tahun menjadi pemain di industri otomotif sebagai pemasok cat untuk brand Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, Mitsubishi, dan lain sebagainya. “Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di Industri otomotif, sehingga ini menjadi peluang yang luar biasa bagi Nippon Paint untuk terus mengembangkan berbagai inovasi dan teknologi dalam memenuhi kebutuhan rekan-rekan otomotif,” tandas Mark.

 

Menurut Aant, hadirnya Selleys RP7 sangat praktis dan mudah digunakan dalam pengaplikasian sehari-hari, serta memudahkan dalam perawatan kendaraan. “Selleys RP7 juga sangat membantu ketika saya ingin membuka baut atau mur yang macet akibat karat, serta melumasi komponen yang bergerak, seperti engsel pintu, engsel standar hingga rantai motor. Selleys RP7 juga berfungsi sebagai pelindung sehingga tidak timbul karat pada komponen penting. Saya sendiri telah mencoba Selleys RP7 karena memang sering servis motor dan mobil sendiri di rumah dan tentu pekerjaan mekanik menjadi lebih ringan,” pungkasnya.

(Nippon Paint Indonesia Pecahkan Rekor MURI ke-3: Pengecatan 18,189 GAPURA MERAH PUTIH di seluruh Indonesia)

 

Pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Nippon Paint Indonesia kembali menyelenggarakan CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives GAPURA MERAH PUTIH yang telah dimulai sejak tahun 2016.

 

Jakarta, 20 Agustus 2022 – Salah satu aktivitas masyarakat yang menarik setiap perayaan kemerdekaan Republik Indonesia adalah mendekorasi gapura. Struktur bangunan yang telah dikenal sejak zaman Kerajaan Majapahit sebagai gerbang keluar-masuk suatu wilayah, kini bertransformasi menjadi ikon kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus menandakan identitas budaya masyarakat setempat. 

 

Agus Suhendra, Ketua RT003/RW009, Kelurahan Gunung Sahari Selatan, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan bahwa mendirikan dan mendekorasi gapura menjadi tradisi warga setiap perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. 

 

“Setelah dua tahun pandemi, kami meniadakan segala aktivitas yang berkaitan dengan ulang tahun kemerdekaan RI, seperti mendekorasi gapura, mengadakan perlombaan antarwarga, hingga menghiasi jalanan dengan umbul-umbul. Bagi warga, tahun ini mereka antusias menyiapkan beragam aktivitas dalam rangka kemerdekaan RI ke-77, terutama saat mendirikan gapura. Selain menjadi ajang silaturahmi, warga juga membangkitkan semangat gotong royong,” ucap Agus saat ditemui dalam ajang Pengecatan GAPURA MERAH PUTIH di Jakarta Pusat, Sabtu (20/8/2022). 

 

Guna melestarikan nilai-nilai tradisi, gotong royong, kekeluargaan, dan nasionalisme, Nippon Paint Indonesia kembali menyelenggarakan CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives GAPURA MERAH PUTIH. Diakui oleh Mark Liew, GM (TU Division) Nippon Paint bahwa kegiatan pengecatan GAPURA MERAH PUTIH merupakan CSR Ikonik dari Nippon Paint Indonesia sejak tahun 2016. 

 

“Nippon Paint berkomitmen untuk memelihara semangat nasionalisme dengan pengecatan gapura yang menjadi salah satu ikon kemeriahan kemerdekaan Republik Indonesia. Kami berharap CSR pengecatan GAPURA MERAH PUTIH juga kembali mengingatkan masyarakat mengenai makna gotong royong dan kekeluargaan di masyarakat,” ujar Mark Liew.

 

Nippon Paint Indonesia kembali memperoleh penghargaan MURI ke-4 berkat komitmennya melaksanakan CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives dengan mendonasikan 254.478 liter cat untuk pengecatan 18.177 GAPURA MERAH PUTIH di seluruh Indonesia

 

Pengecatan GAPURA MERAH PUTIH yang telah berlangsung sejak tahun 2016 hingga kini sangat diapresiasi oleh Jaya Suprana, Pendiri atau Ketua Umum Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). Apalagi, Nippon Paint secara konsisten melakukan CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives GAPURA MERAH PUTIH dan telah melibatkan warga sekitar di Indonesia untuk memaknai kemerdekaan Republik Indonesia.

 

“Atas nama Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) menyerahkan penghargaan MURI yang ke-4 kepada Nippon Paint atas kontribusinya pada tahun 2022 telah melakukan pengecatan GAPURA MERAH PUTIH sebanyak 18.177 gapura di seluruh Indonesia dan mendonasikan 254.478 liter cat. Melalui kegiatan pengecatan GAPURA MERAH PUTIH, Nippon Paint Indonesia konsisten mengangkat dan mempertahankan nilai-nilai tradisi dan budaya seperti gotong royong dan kekeluargaan, serta nasionalisme sekaligus memberikan wadah bagi masyarakat untuk berekspresi,” papar Jaya Suprana saat penyerahan penghargaan MURI kepada Nippon Paint Indonesia di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

 

Mark Liew mengatakan bahwa meski tertunda kegiatan Pengecatan GAPURA MERAH PUTIH pada dua tahun lalu akibat pandemi, Nippon Paint bangga bahwa komitmen CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives GAPURA MERAH PUTIH mendapatkan apresiasi khusus dari MURI untuk ke-4 dengan kategori “Pengecatan GAPURA MERAH PUTIH Terbanyak”.

 

Mark Liew juga menjelaskan bahwa cat-cat yang diberikan untuk warga setempat untuk Pengecatan GAPURA MERAH PUTIH adalah warna “Merah Merdeka 1945” diformulasikan khusus oleh tim Nippon Paint sesuai dengan kode pantone standar internasional bendera Indonesia. Sesuai dengan garansi warna cat tinting Nippon Paint, seluruh GAPURA MERAH PUTIH akan memiliki warna merah putih yang 100% akurat dan konsisten dari Sabang sampai Merauke meliputi Nippon Weatherbond Solareflect, Nippon Elastex 3 in 1, dan Vinilex Gloss

 

“Kami senang dengan keterlibatan Nippon Paint dalam pengecatan GAPURA MERAH PUTIH dan sangat membantu kami di masa pasca pandemi ini. Suasana Kemerdekaan RI pun kembali semarak dengan cat yang diberikan oleh pihak Nippon Paint. Kami berharap kegiatan ini tetap berlangsung di masa mendatang,” pungkas Agus. 

 

Komitmen Nippon Paint untuk tetap melestarikan budaya Indonesia dalam program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives berupa CSR GAPURA MERAH PUTIH selaras dengan 5 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, meliputi; Kehidupan Sehat & Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi, Mengurangi Kesenjangan, hingga Penataan Kota & Permukiman Ramah Lingkungan.

Our Clients

Nippon Paint
Grand Central Bogor
Envy
Adhi Persada Properti
Eastern Green
Cisauk Point
Adhi Sentul
Kementerian Agraria dan Tata Ruang
LRT City Jatibening
MYDIO Musictainement
Adhi Commuter Properti
Nacific
PT Chitose Internasional Tbk
MR REALITY - Moriah & Reign

Head Office

The UNION Communications
Satrio Space - Satrio Tower Lantai 16, Mega Kuningan, Jl. Prof. DR. Satrio C4, Jl. Kuningan Barat Raya, Kuningan, Kuningan Tim., Kecamatan Setiabudi, DKI Jakarta 12950,
Jakarta, 12760,
Indonesia